Spesifikasi Hummer Vs Warrior, Humvee Buatan AS dan Tiongkok

Senin, 18 September 2023 - 11:46 WIB
loading...
Spesifikasi Hummer Vs Warrior, Humvee Buatan AS dan Tiongkok
Tiongkok memproduksi kendaraan Humvee serupa dengan Hummer, yaitu Warrior. (Foto: Slash Gear)
A A A
JAKARTA - Kompetisi Amerika Serikat dan Tiongkok dalam memperebutkan pengaruh di kancah global melibatkan segala sendi kehidupan. Baik dalam persenjataan militer, perdagangan, teknologi, hingga ranah produksi kendaraan. Kedua negara selalu bersaing sengit.

Soal kendaraan, di era 90an Amerika Serikat melalui General Motors menciptakan kendaraan Hummer untuk versi militer dan diterjunkan dalam Perang Teluk. Belakangan versi sipilnya dibuat dan sangat populer setelah diperkenalkan Arnold Schwarzenegger pada era 90an. Tak mau ketinggalan, Tiongkok pun memproduksi kendaraan Humvee serupa, yaitu Warrior.

Dikutip dari Slash Gear, Senin (18/9/2023) berikut spesifikasi Hummer As Vs Warrior Tiongkok.

1. Humvee

Hummer dari General Motors (GM) memiliki sejarah panjang. Versi sipil dari SUV ini diadaptasi dari kendaraan militer yang digunakan dalam Perang Teluk pada awal 1990an. Kendaraan berukuran besar ini terkenal boros bahan bakar.

Ketika harga bahan bakar naik dan konsumen Amerika lebih concern terhadap masalah lingkungan, GM secara bertahap memperkecil ukuran Hummer di setiap generasi baru. Penjualan Hummer mencapai puncaknya pada 2006 dengan raihan 71.000 unit.

Namun, resesi ekonomi yang terjadi kemudian memukul GM dengan luar biasa pada medio 2009. Hummer dihentikan produksinya segera setelah itu dan dihidupkan kembali sebagai pikap EV untuk model tahun 2022.



2. Warrior

Pada tahun 1990-an, ketika Hummer mulai menguasai pasar Amerika, pabrikan milik pemerintah Tiongkok, Dongfeng, mulai mendesain Hummer versi militer untuk Angkatan Darat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4984 seconds (0.1#10.140)