Fungsi Lain Teknologi NanoeX Mitsubishi XFORCE yang Belum Diketahui

Senin, 25 September 2023 - 12:21 WIB
loading...
Fungsi Lain Teknologi NanoeX Mitsubishi XFORCE yang Belum Diketahui
Mitsubishi XFORCE. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mitsubishi telah meluncurkan XFORCE di ajang GAIKINDO Indonesia Auto Show (GIIAS) 2023 lalu. Mitsubishi XFORCE telah dikembangkan untuk mendukung konsep SUV kompak.



Terutama pada setelan kaki-kaki dan mesinnya. Suspensi yang dibangun pada Mitsubishi XFORCE telah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pasar Indonesia dan target pasar ekspornya.

Kali ini, Mitsubishi XFORCE menyapa pengunjung Summarecon Mall Bekasi pada 21-24 September 2023 setelah sebelumnya di Mall Kelapa Gading dan Kemang Village yang mendapat antusias tinggi dari pengunjung mal.

Pameran kali ini sepertinya sudah ditunggu-tunggu masyarakat Bekasi dan sekitarnya. Selain ingin mendapatkan program penjualan menarik, kehadiran Mitsubishi XFORCE dalam roadshow di Bekasi ini juga untuk menghilangkan rasa penasaran mereka terhadap model kendaraan compact SUV 5-seater ini.

Sejumlah pengunjung bisa menjajal Mitsubishi XFORCE melalui unit test drive yang disediakan. Mereka bisa merasakan suspensi yang dimiliki compact SUV 5-seater tersebut. Terlebih, kondisi jalan yang ada di Bekasi tidak semulus di Jakarta, sehingga suspensi yang ada pada Mitsubishi XFORCE bisa diandalkan.

Terlebih, suspensinya juga telah diuji dengan membandingkan kendaraan lain yang ada di kelasnya. Dan hasilnya Mitsubishi XFORCE menjadi yang terbaik di kelasnya. "Sebelum melakukan pengembangan, ada beberapa kompetitor yang kami tes suspensinya dan sejujurnya rasanya tidak nyaman. Jadi memang suspensi di XForce sudah kami improve," ujar Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT MMKSI.

Well-Tuned Suspension yang disematkan, kian menambah kenyamanan saat berkendara karena memiliki ukuran yang sama dengan Mitsubishi Pajero Sport. Bahkan, mampu memberikan performa layaknya mobil mewah Eropa dengan bantingan yang nyaman, namun tidak lemah.

Dalam proses pengembangan kendaraan ini, perancangnya menitik beratkan bagaimana agar suspensinya bisa nyaman namun tetap memiliki karakter SUV dengan handling terbaik di kelasnya.

Ditunjang ground clearance 222 mm, Mitsubishi XFORCE menjadi kendaraan yang tertinggi di kelasnya. Hal itu, membuat pengendaranya percaya diri melewati berbagai kondisi jalan yang ada di Indonesia.

"Kami sudah melakukan banyak uji coba dan menurut pendapat kami mode yang paling cocok buat masyarakat Indonesia itu Wet Mode dan kemudian Gravel Mode. Jakarta jalanannya memang sudah banyak yang mulus namun kalau kita keluar dari Jakarta, kondisinya berbeda. Ada beberapa area yang memang cukup butuh Gravel Mode," terang Hikaru Mii.

Empat mode berkendara itu disebutnya untuk menyesuaikan kondisi jalan yang ada di Indonesia. Mode berkendara Wet Mode menjadi fitur pertama yang disematkan pada model kendaraan Mitsubishi Motors. Fitur ini akan memberi kenyamanan saat dipakai pada kondisi jalan basah dan licin.

Pada Mode Normal, pengendara bisa memakainya untuk kondisi jalan normal dan Mode Gravel untuk kondisi jalan berkerikil. Sementara untuk Mode Mud, kendaraan bisa dipakai ketika menemukan jalan yang berlumpur.

"Sebenarnya mode berkendara ini bukan mobil 4x4, tapi apabila kita memilih drive mode maka akan ada peningkatan fungsi dibanding berkendara mode normal. Misalnya wet mode, seberapa dalam yang bisa dilewati ketika banjir oleh XFORCE ? Kalau 30 centimeter masih bisa oke, dan biasanya kalau normal mode atau berkendara biasa, grip ban jadi licin dan tidak stabil. Namun, jika mengaktifkan wet mode akan lebih stabil. Dan AYC akan bisa menolong apabila ada situasi di medan jalan licin, sehingga tidak terjadi kecelakaan," jelasnya.

Setiap penggunaan pada mode tertentu, sistem komputer pada kendaraan akan me-manage traction control dan stability control untuk berbagai permukaan jalan yang spesifik membutuhkan penyetelan berbeda.

Bukan itu saja, kenyamanan pada Mitsubishi XFORCE juga ada pada kabinnya. Pertama, soal fitur Dual Zone Auto Climate Control, dimana kontrol AC tak hanya ada pada pengendara saja tapi juga di kursi penumpang. Kini, penumpang juga bisa mengatur kendali suhu di kabin sesuai keinginan masing-masing.

Tak hanya itu, AC yang disematkan pada Mitsubishi XFORCE juga telah dilengkapi teknologi NanoeX. Fitur ini menjadi salah satu solusi bagi pengguna yang ingin mendapatkan udara sejuk di tengah polusi udara yang terus meningkat di wilayah perkotaan, khususnya di Jabodetabek.

Ia menilai, teknologi NanoeX yang mampu membunuh bakteri yang masuk ke dalam kabin kendaraan serta menghambat pertumbuhannya, sangat cocok bagi semua orang, termasuk pengguna keluarga.

Diketahui, teknologi NanoeX tak hanya dapat membunuh bakteri saja, tapi juga dapat menghilangkan bau tidak sedap di dalam kabin yang membuat penumpang tidak nyaman saat berkendara.

Dengan begitu, teknologi NanoeX bisa menjadi salah satu solusi bagi penggunanya yang sering beraktivitas di luar rumah, di tengah kondisi polusi udara yang makin buruk. Apalagi, masalah polusi udara tidak hanya terjadi di Jabodetabek saja, tapi hampir di seluruh wilayah Indonesia. Belum lagi soal isu kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di beberapa wilayah, seperti Sumatera dan Kalimantan yang membuat masyarakat tidak nyaman saat beraktivitas di luar rumah.

Kenyamanan berada di dalam kendaraan Mitsubishi XFORCE juga didukung oleh Dynamic Sound Yamaha Premium. Kolaborasi Mitsubishi Motors - Yamaha ini menjadi salah satu fitur andalan untuk meningkatkan kenyamanan pengendara mendengarkan musik ketika berkendara. Kenyamanan berkendara juga ditunjang dengan berlimpahnya fitur yang disematkan pada compact SUV 5-seater ini.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.7181 seconds (0.1#10.140)