Buka IMX 2023, Menperin Agus Gumiwang Beberkan PR Industri Modifikasi di Indonesia

Jum'at, 29 September 2023 - 11:02 WIB
loading...
Buka IMX 2023, Menperin Agus Gumiwang Beberkan PR Industri Modifikasi di Indonesia
Menperin Agus Gumiwang resmi membuka ajang IMX 2023 di JCC, Jakarta, yang akan berlangsung pada Jumat-Minggu. Foto: Sindonews/Muhamad Fadli Ramadan
A A A
JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita resmi membuka pameran OLX Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2022 , di Hall A Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (29/9) pagi.

Ajang pameran modifikasi terbesar di Indonesia tersebut rencananya akan berlangsung selama tiga hari, yakni 29 September-1 Oktober 2023. Ini merupakan wadah bagi para modifikator untuk memperlihatkan karya terbaiknya kepada publik.

Menperin Agus Gumiwang menyebut bahwa modifikasi menjadi salah satu penyumbang ekonomi yang cukup besar melalui penjualan produk aftermarket.

“Kita telah memasuki IMX yang keenam, saya juga tahun lalu ada di sini. Kita lihat setiap tahun semakin berkembang. Kami berharap ini jadi pertumbuhan industri kreativitas di Tanah Air," kata Menperin Agus saat membuka IMX 2023, di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (29/9).

Agus Gumiwang juga mengatakan bahwa industri otomotif, termasuk modifikasi, sangat penting bagi perekonomian di Indonesia. Sebab, saat ini sektor tersebut menjadi penyumbang terbesar dalam pendapatan negara.

“Dapat disebutkan pembinaan sektor otomotif, baik kinerja ekspor CBU maupun CKD berjalan di arah yang tepat. Seperti yang sempat disampaikan industri otomotif termasuk subsektor yang sangat penting karena di dalamnya terdapat ekosistem yang sangat kompleks, termasuk modifikasi," ujar Menperin.

Saat ini, Menperin Agus Gumiwang juga berupaya membuat kendaraan modifikasi bisa mendapatkan sertifikasi laik jalan. Pasalnya, itu menjadi faktor penghambat bertumbuhnya industri modifikasi di Indonesia.

"Pekerjaan rumah saat ini yaitu produk-produk modifikasi belum bisa turun ke jalan karena surat laik jalannya belum diterbitkan. Saya akan coba berbicara
dengan Menteri terkait agar bisa segera diselesaikan," ucap Menperin.

"Seluruh kegiatan IMX kami harapkan menjadi jalan untuk mempromosikan kepada dunia internasional. sekaigus menunjukkan kreativitas anak bangsa," tambahnya.

Tiket OLX IMX 2023 tersedia langsung di lokasi dengan harga Rp100 ribu untuk kategori general 1 hari plus 1 kupon Supergiveaway Honda Jazz GE8 Fitra Eri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2214 seconds (0.1#10.140)