YIMM Akui Kasus Rangka eSAF Tak Mempengaruhi Pejualan Motor Yamaha

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 08:35 WIB
loading...
YIMM Akui Kasus Rangka eSAF Tak Mempengaruhi Pejualan Motor Yamaha
Pabrik Yamaha Indonesia di Karawang Jawa Barat. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
KARAWANG - Kasus rangka eSAF (enhanced Smart Architechture Frame) yang berkarat dan patah masih menjadi perbincangan. Bahkan, ini menjadi pertimbangan masyarakat Indonesia untuk membeli sepeda motor. Lantas, ini pengaruhi penjualan motor Yamaha?



President Director dan CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti mengatakan penjualam motor Yamaha tidak terpengaruh isu rangka patah. Tapi, ada faktor lain yang menghambat penjualan sepeda motor mereka.

“Kami tidak lihat dari isu, (sebenarnya) kami agak terganggu dengan adanya ini. Tapi fokus Yamaha karena fokus pada produk dan recovery chip. Jadi bukan karena ada isu frame, tapi recovery,” kata Dyon kepada awak media di Karawang, Jawa Barat, Kamis (5/10/2023).

Kendati begitu, Dyon menegaskan seluruh produk yang dibuat oleh Yamaha sesuai dengan standar global dan memiliki kualitas tinggi. Tetapi untuk penjualan, ia mengungkapkan tidak bisa mengendalikan konsumen.

“Di September itu ada penurunan dipermintaan. Tapi di Yamaha, produksi kami itu masih sesuai, justru permintaannya turun. Jadi, (fokus) kita adalah lebih perhatikan lagi high quality Yamaha,” ujarnya.

Mengantisipasi kasus yang sedang ramai, Yamaha kini memberikan garansi selama 5 tahun untuk rangka. Ini dilakukan setelah karakter konsumen berubah, di mana mereka juga ingin melakukan pengecekan rangka ketika servis berkala.

“Secara umum, tidak ada persyaratan khusus tentang garansi 5 tahun ini. Hanya saja dalam konteks pemakaian wajar. Apa yang tidak wajar? Motor tabrakan tidak termasuk, tertimpa gempa tidak termasuk. Itu bukan kondisi normal. Jadi secara umum seperti tabrakan itu sudah hancur,” ucapnya.

Untuk proses klaim garansi, Dyon memastikan persyaratannya tidak sulit, asal terjadi bukan karena kondisi yang tidak wajar. Ia meyakini bahwa kualitas rangka yang dibuat oleh Yamaha sudah disesuaikan dengan kondisi di Indonesia.

“Tapi kita tidak mempersulit dan tidak ada persyaratan harus gimana. Material (rangka) tebal, standar produksi kualitas Yamaha dan desain meski di Indonesia (sering) hujan itu pun drainasenya bagus,” kata Dyon.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0972 seconds (0.1#10.140)