Ketika Mesin Turbo Honda Civic Type R Meraung di Sirkuit Mandalika

Rabu, 11 Oktober 2023 - 15:00 WIB
loading...
A A A
Keunikan lainnya, desain center console panel, tuas transmisi serta sports pedal All New Honda Civic Type R menggunakan bahan alumunium yang kental nuansa sport. Termasuk juga corak warna Polarized gunmetal di instrumen panel A/C.

Masih ada Wireless Charging Front USB Port with Charging Function, Armrest with Cup Holder pada konsol tengah. Ada juga 10,2” TFT dengan twin-meter menggunakan jarum warna kuning yang menjadi ciri khas dari Type R. Sisanya memang tidak terlalu berkesan.

Honda Civic Tercepat
Ketika Mesin Turbo Honda Civic Type R Meraung di Sirkuit Mandalika

HPM memberi jurnalis kesempatan 1 putaran ditemani pace car Civic Type R generasi sebelumnya yang dikendarai oleh pembalap Alvin Bahar.

SINDONews segera mengoper perseneling ke gigi 1. Ya, semua Civic Type R bertransmisi manual. Usai menyesuaikan diri dengan transmisi manual di pitstop, SINDONews mulai memberanikan diri membejek gas.

Begitu gas dibejek dalam-dalam, rasanya seperti terhempas dari tempat duduk. Mobil ini buas sekali. Civic Type R FL5 mengusung mesin 2.0L VTEC Turbo dengan tenaga maksimal 319 PS dan torsi maksimum 420 Nm, disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 6-percepatan.

Mobil tersebut juga memecahkan rekor putaran tercepat untuk kategori mobil penggerak roda depan di sirkuit Internasional Suzuka, Jepang dan sirkuit Nurburgring, Jerman.

Adrenalin Terpompa Maksimal
Ketika Mesin Turbo Honda Civic Type R Meraung di Sirkuit Mandalika

Ada 4 mode berkendara di Civic Type R FL5. Yakni Comfort, Sport, +R, hingga Individual yang dapat disesuaikan dengan keinginan serta karakter berkendara pengemudinya.

SINDONews lantas menekan tombol +R dan tiba-tiba tampilan layar berubah menjadi merah. Adrenalin pun semakin terpacu. Terutama sentakan mesin turbo di setiap perpindahan gigi. Juga, raungan mesin turbo yang memanjakan telinga. Berulang kali SINDONews, berujar “gokil”, di dalam hati.

Total ada 17 tikungan di Sirkuit Mandalika yang sepanajng 4,31 km itu. Perasaan SINDONews memang campur aduk antara menyesuaikan racing line (jalur tercepat dalam trek), mengoper gigi, sambil tetap mengendalikan mobil.

Salah satu hal yang menarik Civic Type R adalah sistem Rev Match Control dimana mobil otomatis menaikan putaran mesin saat melakukan pengereman untuk memasuki tikungan, dan lebih cepat keluar tikungan.

Sehingga untuk mereka yang bukan pembalap profesional tidak perlu melakukan teknik “heel and toe” untuk menjaga RPM tetap tinggi saat menurunkan gigi.

Dua Kepribadian Civic Type R
Ketika Mesin Turbo Honda Civic Type R Meraung di Sirkuit Mandalika

Salah satu yang paling berkesan saat mengendarai Civic Type R adalah saat melibas tikungan 6-7 sirkuit Mandalika yang disebut pembalap MotoGP dari VR46 Racing Team Luca Marini sebagai terbaik di dunia itu.

Mulai masuk tikungan, SINDONews mengerem cukup dalam, lalu membelokkan setir mendekati apex (titik tikungan paling dekat dengan mobil). Herannya, sama sekali tidak ada gejala understeer saat bermanuver.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2680 seconds (0.1#10.140)