7 Tips Belajar Cara Mengemudi Mobil Manual untuk Pemula, Tak Sesulit yang Dibayangkan

Kamis, 12 Oktober 2023 - 13:27 WIB
loading...
A A A
Kemudian, jangan lupa juga untuk menginjak pedal kopling secara penuh. Setelah itu, putar kunci mobil hingga menyala.

3. Berlatih Memasukkan dan Mengganti Gigi


Salah satu kesulitan pemula ketika mencoba mobil manual adalah ketika memasukkan atau mengganti gigi. Pengendara pemula biasanya kesulitan memindahkan gigi secara halus atau berpindah gigi tanpa membuat mesin mobil mati.

Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah sering berlatih. Pemula harus membiasakan diri mengombinasikan gas, kopling, serta tuas persneling. Jika sudah terbiasa, nantinya cara memasukkan dan mengganti gigi dengan halus akan mudah dilakukan.

4. Memahami Cara Meningkatkan dan Menurunkan Kecepatan


Berikutnya adalah belajar meningkatkan dan menurunkan kecepatan. Umumnya, seorang pemula yang baru belajar mobil manual akan menggunakan kecepatan rendah.



Namun, seiring waktu mereka bisa meningkatkan kecepatan dengan hati-hati. Tak hanya peningkatan laju kendaraan, namun pemula juga wajib mempelajari cara mengerem dengan benar untuk menurunkan kecepatannya.

5. Belajar Cara Berbelok dan Berhenti dengan Mulus


Pemula biasanya akan belajar di tanah lapang yang luas. Tujuannya adalah agar bisa leluasa dan menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Tak hanya belajar berkendara lurus, nantinya bisa diselingi dengan memahami cara-cara berbelok serta berhenti dengan mulus. Satu tips penting ketika berbelok adalah mengurangi kecepatan dan menurunkan gigi.

Kemudian, jangan lupa juga untuk melihat sekeliling kendaraan sebelum berbelok. Gunakan spion untuk membantu mengetahui kondisi sekitar kendaraan.

6. Melatih Kemampuan Berpindah Jalur


Setelah mulai lancar berpindah gigi dan berbelok, Anda bisa belajar untuk mengubah jalur. Agar lebih aman, bisa mengajak seseorang yang sudah ahli atau belajar lebih dulu di tempat yang lapang dan bebas kendaraan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2510 seconds (0.1#10.140)