20 Ribu Kereta Thomas & Friends Ditarik dari Pasaran, Kenapa?

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 18:00 WIB
loading...
20 Ribu Kereta Thomas & Friends Ditarik dari Pasaran, Kenapa?
Fisher-Price menarik lebih dari 20.000 mainan Thomas & Friends karena berisiko menimbulkan masalah tersedak pada anak. (Foto: The US Consumer Product Safety Comission)
A A A
JAKARTA - Perusahaan mainan Fisher-Price menarik lebih dari 20.000 mainan "Thomas & Friends" karena berisiko menimbulkan masalah tersedak pada anak.

Seri mainan yang ditarik kembali dari pasaran, yaitu Thomas & Friends Railway Troublesome Truck & Crates dan Thomas & Friends Wooden Railway Troublesome Truck & Paint. Kereta kayu dorong ini dirancang menyerupai karakter dari "Thomas & Friends" yang disebut Troublesome Trucks.

Dikutip dari USA Today, Sabtu (21/10/2023), Komisi Keselamatan Produk Konsumen Amerika Serikat (CPSC) menjabarkan bagian mainan yang terdiri dari plastik kecil berisi magnet berkekuatan tinggi menghubungkan satu kereta dengan yang lain agar bisa lepas atau menjadi longgar justru menimbulkan bahaya tersedak atau penelan magnet.



Fisher-Price menerima satu laporan bahwa penghubung plastik menjadi longgar dan lepas dari produk. Pantauan sementara, tidak ada laporan pengguna yang cedera.

Troublesome Truck & Crates berupa kereta hitam dan abu-abu dengan muatan peti cokelat. Sementara, Trouble Truck & Paint berbentuk kereta abu-abu dan hitam dengan muatan kaleng cat abu-abu dan percikan cat kuning di sisi. Kedua kereta tersebut memiliki wajah di bagian depan mereka. Nomor model HBJ89 (Troublesome Truck & Crates) dan HBJ90 (Troublesome Truck & Paint) dapat ditemukan di bagian bawah kereta.

Mainan anak ini dijual secara online di Amazon dan situs web lainnya, serta di toko-toko khusus Barnes and Noble di seluruh Amerika Serikat mulai Februari 2022 hingga Agustus 2023 dengan harga sekira 17 dollar AS atau Rp 270 ribu.



Selain lebih dari 21.000 unit yang dijual di Amerika Serikat, tambahan 400 unit juga dijual di Kanada. Menurut CPSC, konsumen segera harus berhenti menggunakan mainan tersebut dan pergi ke www.service.mattel.com dan klik "Recalls & Safety Alerts" untuk petunjuk cara mendapatkan label pengembalian pra-dibayar melalui email dari Fisher-Price. Setelah menerima produk yang dikembalikan, konsumen akan dikirimkan pengembalian uang penuh.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2655 seconds (0.1#10.140)