3 Jenis Baterai Motor Listrik yang Terkenal Awet

Minggu, 29 Oktober 2023 - 17:05 WIB
loading...
A A A
Baterai Lead Acid memiliki bobot tiga kali lebih berat dibandingkan lithium ion. Sebagai perbandingan, baterai ALVA ONE memiliki bobot 18 kilogram dengan kapasitas 60 V. Jika menggunakan lead acid, maka bobotnya mencapai 53 kg untuk kapasitas yang sama.

Baterai ini juga lebih boros dibandingkan dengan yang lainnya. Oleh karena itu, bengkel yang mencoba mengubah motor konvensional ke mootor listrik tak disarankan menggunakan jenis baterai ini.

3. Nikel Kadmiuum

Baterai nikel kadmium merupakan jenis yang paling kuat di antara yang lainnya dan dapat digunakan dalam waktu yang lama jika dibandingkan dengan lithium ion dan lead acid.

Kapasitas baterainya juga memiliki batasan, dan ini membuat para produsen motor listrik dilema untuk menempatkannya pada kendaraan produksi mereka.

Ini juga memiliki kelemahan, yaitu daya baterai bisa berkurang dengan sendirinya sebanyak 70% dalam waktu 24 jam meski motor tidak digunakan. Itu disebabkan oleh kepadatan yang rendah dari baterai nikel kadmium.

Selain itu, kandungan di dalam baterai nikel kadmium juga sangat berbahaya untuk lingkungan sehingga limbahnya tidak bisa diolah secara sembarangan.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)