10 Cara Menghemat Bensin Mobil, Rutin Ganti Oli hingga Beli Pakai Voucher

Kamis, 02 November 2023 - 17:34 WIB
loading...
10 Cara Menghemat Bensin Mobil, Rutin Ganti Oli hingga Beli Pakai Voucher
Selain perawatan rutin, gaya dan cara berkendara menjadi faktor penting dari hemat atau tidaknya konsumsi BBM. (Foto: MNC)
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah cara menghemat bensin mobil yang bisa Anda terapkan selama berkendara. Selain perawatan rutin, gaya dan cara berkendara menjadi faktor penting dari hemat atau tidaknya konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Lantas, bagaimana cara menghemat bahan bakar agar dompet enggak jebol?

Cara Menghemat Bensin Mobil

1. Service Berkala

Lakukan service berkala untuk menjaga kondisi mesin mobil prima. Sebab, mobil yang tidak prima membutuhkan konsumsi bahan bakar yang lebih dari biasanya.

2. Rutin Ganti Oli


Oli mobil yang sudah melewati masa pakai dampaknya akan langsung terasa pada mesin mobil. Jika dibiarkan semakin lama, maka konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Karena mesin akan bekerja lebih keras dari biasanya sehingga konsumsi bensin meningkat.

Untuk itu, bagi para pemilik mobil bisa melakukan penggantian oli mobil secara rutin pada jarak dan waktu yang sudah direkomendasikan. Biasanya setiap 5.000/km atau 6 bulan sekali.

3. Menggunakan Bahan Bakar yang Tepat


Setiap mobil memiliki anjuran Research Octane Number (RON) agar bisa menghasilkan pembakaran sempurna. Karena itu, gunakan BBM sesuai kompresi mesin.

Kadar oktan yang lebih rendah akan membuat pembakaran tidak sempurna sehingga mesin tidak bekerja dengan optimal. Paling banyak ditemui mesin mobil ngelitik, jika dibiarkan terlalu lama akan membuat mesin menjadi rusak.

4. Jaga Tekanan Angin Ban


Cara menghemat bahan bakar mobil selanjutnya dengan menjaga tekanan angin ban mobil. Caranya, periksa tekanan angin pada ban mobil secara berkala, baik untuk mobil yang digunakan secara rutin maupun tidak.

Jika tekanan angin kurang, menyebabkan rolling resistance semakin besar dan membuat mesin mobil bekerja lebih berat dari sebelumnya. Mesin mobil yang bekerja lebih berat inilah yang menyebabkan penggunaan bahan bakar mobil semakin meningkat.

5. Membersihkan Filter Udara


Filter udara ternyata juga dapat menjadi penyebab meningkatnya konsumsi bahan bakar mobil. Penyebabnya karena t filter udara tersebut kotor serta tidak dirawat. Mesin akan bekerja lebih berat untuk menghisap udara bersih, akibatnya konsumsi bahan bakar mobil meningkat.

6. Hindari Menginjak Pedal Gas Mendadak


Saat melakukan akselerasi, pengendara mobil tidak disarankan untuk menginjak pedal gas secara mendadak. Tujuannya untuk menjaga agar katup throttle gas terbuka dengan konstan. Semakin dalam pedal gas diinjak maka semakin banyak pembakaran yang terjadi sehingga menghasilkan kecepatan yang instan.

Cara menginjak pedal gas yang benar adalah dengan pelan-pelan agar konsumsi bahan bakar lebih hemat. Selain itu untuk melepaskan gas juga harus dengan pelan dibarengi dengan penggunaan gigi yang pas agar mesin tidak meraung.

7. Gunakan Gigi yang Sesuai


Kesalahan pengendara mobil yang masih sering kita jumpai sampai sekarang adalah penggunaan gigi yang tidak sesuai. Ada yang menggunakan gigi rendah padahal jalanan datar. Pada saat posisi tanjakan, malah ada yang menggunakan gigi tinggi.

Gigi rendah lebih pas digunakan untuk medan yang menanjak, sehingga mesin bisa kuat melintasi tanjakan. Sedangkan gigi tinggi lebih cocok untuk kondisi medan yang datar. Semakin rendah putaran mesin maka konsumsi bahan bakarnya lebih irit. Jika mesin sudah meraung

8. Atur Kecepatan Mobil


Mengatur kecepatan mobil ternyata menjadi salah satu cara menghemat bahan bakar mobil. Semakin tinggi kecepatan mobil, tentunya konsumsi bahan bakar juga akan semakin meningkat.

Selain bisa menghemat bahan bakar, memperhatikan kecepatan mobil juga hal yang sangat penting untuk menjaga keselamatan dalam berkendara. Sehingga bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan atau mesin mobil mengalami kerusakan karena overheat.

9. Tidak Menggunakan AC Secara Berlebihan


Cara menghemat bahan bakar mobil yang berikutnya adalah dengan tidak menggunakan AC secara berlebihan. Saat AC dinyalakan, komponen sistem AC seperti kompressor akan mulai bekerja mengikuti putaran mesin.

Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah seperti tidak menggunakan AC saat melewati rute perjalanan yang sejuk atau tidak menggunakan AC saat mobil melewati rute menanjak.

10. Beli Bensin Pakai Voucher


Membeli bensin pakai voucher dianggap bisa menghemat pengeluaran dan konsumsi bahan bakar. Untuk mendapatkan voucher bensin, kamu bisa membelinya secara online di e-commerce.

Itulah cara menghemat bahan bakar mobil yang bisa Anda lakukan di rumah. Dapatkan berbagai produk gaya hidup dan kesehatan dengan harga murah hanya di AladinMall . Nikmati pula promo Gratis Ongkir dan promo belanja hemat dengan cara men- download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store .
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)