BMW Klaim Jadi Pemimpin Pasar Mobil Listrik Premium di Indonesia, Ini Angkanya

Kamis, 02 November 2023 - 17:43 WIB
loading...
BMW Klaim Jadi Pemimpin Pasar Mobil Listrik Premium di Indonesia, Ini Angkanya
BMW Group Indonesia mengklaim jadi pemimpin pasar di segmen mobil listrik premium di Indonesia. Sejak Januari-September 2023, BMW menguasai pasar mobil listrik premium dengan perolehan 56,4%. Foto/Wahyu Sibarani
A A A
JAKARTA - BMW Group Indonesia mengklaim jadi pemimpin pasar di segmen mobil listrik premium di Indonesia. Sejak Januari-September 2023, BMW menguasai pasar mobil listrik premium dengan perolehan 56,4%.

“Dalam pasar kendaraan listrik premium di Indonesia, BMW menguasai pasar dengan 56.4% market share dibandingkan dengan brand-brand di kelasnya (data Gaikindo YTD September 2023),” kata Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia pada pembukaan BMW Group Electric Exhibition 2023, Kamis (2/11/2023).

Angka itu sangat tinggi dibanding kompetitor lain yang bertarung di segmen yang sama. Jodie mengatakan capaian tersebut ditopang oleh penjualan BMW iX yang mencapai 47% dari total seluruh penjualan kendaraan listrik premium BMW dari Januari hingga September.



"Prestasi ini sangat luar biasa, mengingat BMW iX baru mulai dikirimkan ke pelanggan mulai bulan Maret tahun ini. Hal ini tunjukkan betapa fokus BMW pada kendaraan listrik," tegasnya.

Di tempat yang sama Bayu Riyanto, Director of Marketing BMW Group Indonesia mengatakan total pasar mobil listrik mewah selama Januari-September 2023 mencapai 690 unit. Lebih dari setengahnya menurut dia domnasi oleh mobil-mobil listrik yang dijual BMW Group Indonesia.
BMW Klaim Jadi Pemimpin Pasar Mobil Listrik Premium di Indonesia, Ini Angkanya


“Kalau merek BMW itu 389 unit. MINI 85 unit. Kompetitor kami yang tidak bisa saya sebutkan namanya tapi berlogo Bintang menjual 104 unit. Terus, satu lagi mereka yang huruf depannya "L" menjual 112 unit. Jadi, totalnya 690 unit,” papar Bayu Riyanto.

Bisa diduga, merek-merek lain yang dia sebut adalah Mercedes-Benz serta Lexus. Pasalnya, Mercedes-Benz berlambang bintang dan Lexus adalah satu-satunya merek mobil mewah berhuruf dengan "L" yang menjadi anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).



Diketahui saat ini BMW Group Indonesia menjual tiga model mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV) bermerek BMW, juga satu model mobil listrik bermerek MINI. Rinciannya ialah BMW iX, BMW i4, BMW i7, ditambah MINI E. Di luar itu, masih ada tambahan satu model plug-in hybrid (PHEV) yaitu BMW XM.

Di sisi lain Mercedes-Benz saat ini menjual lima mobil listrik yakni Mercedes-benz EQA, Mercedes-Benz EQB, Mercedes-Benz EQS SUV, Mercedes-Benz EQE, dan Mercedes-Benz EQS Saloon. Lexus justru memiliki pilihan yang berlimpah untuk kendaraan elektrifikasi.

Mereka menyediakan mobil listrik murni, hybrid, dan plug-in hybrid. Model yang tersedia di antaranya adalah Lexus UX 300e, Lexus UX 250h Luxury, Lexus UX 250h F Sport, Lexus RZ 450e Luxury, Lexus RX 500h F Sport+, Lexus RX 450h+ Luxury, Lexus RX 350h Luxury, Lexus NX 350h Luxury, dan Lexus NX 350h F Sport.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)