Tips Merawat Mobil Cat Putih, Wajib Tahu!

Senin, 06 November 2023 - 09:46 WIB
loading...
Tips Merawat Mobil Cat Putih, Wajib Tahu!
Pemilik mobil dengan cat putih harus memperhatikan beberapa hal agar warna tetap terjaga. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Selain hitam dan abu-abu, mobil dengan cat putih memang terbilang warna “aman”. Maksudnya, ketika dijual lagi harganya tidak akan anjlok. Tapi, ternyata merawat mobil cat putih di negara tropis seperti Indonesia punya tantangannya sendiri.

Tentu saja, mobil dengan cat putih punya minus seperti cepat kotor karena udara yang lembab juga debu yang mudah menempel. Begitu juga bercak kotoran seperti lumpur atau aspal. Dan terpenting, mobil dengan cat putih mudah terlihat kusam.

Nah, berikut adalah beberapa tips merawat cat mobil warna putih di negara dengan iklim tropis:

1. Cuci mobil secara rutin

Cuci mobil secara rutin, setidaknya seminggu sekali. Cuci mobil dengan sabun khusus mobil dan air bersih. Hindari menggunakan sabun deterjen biasa, karena dapat merusak cat mobil.

2. Gunakan wax atau sealant

Gunakan wax atau sealant untuk melindungi cat mobil dari sinar matahari dan kotoran. Wax atau sealant akan membentuk lapisan pelindung yang membuat cat mobil lebih tahan lama.

3. Parkir mobil di tempat teduh

Parkir mobil di tempat teduh untuk menghindari paparan sinar matahari langsung. Sinar matahari langsung dapat membuat cat mobil cepat pudar dan kusam.

4. Jangan mencuci mobil saat panas

Jangan mencuci mobil saat panas. Panas dapat membuat sabun mengering terlalu cepat dan membuat cat mobil tergores.

5. Hindari penggunaan bahan kimia keras

Hindari penggunaan bahan kimia keras, seperti bensin, thinner, atau alkohol untuk membersihkan mobil. Bahan kimia keras dapat merusak cat mobil.

6. Gunakan lap microfiber

Gunakan lap microfiber untuk mengeringkan mobil setelah dicuci. Lap microfiber tidak akan meninggalkan goresan pada cat mobil.

7. Hindari parkir mobil di bawah pohon

Pohon dapat menjatuhkan getah, dedaunan, atau kotoran lainnya yang dapat merusak cat mobil.

8. Bersihkan mobil dari kotoran burung

Kotoran burung dapat meninggalkan noda yang sulit dihilangkan. Bersihkan kotoran burung sesegera mungkin untuk menghindari kerusakan cat mobil.


9. Hindari menggunakan sapuan sikat untuk mencuci mobil

Sapu sikat dapat menggores cat mobil. Gunakan spons atau kain lembut untuk mencuci mobil.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membantu menjaga cat mobil warna putih Anda tetap terlihat baru dan mengkilap, bahkan di negara denganiklimtropis.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2735 seconds (0.1#10.140)