Dibikin Remuk, Ini Detail Kendaraan Lapis Baja Canggih Israel yang Dihancurkan Hamas

Minggu, 12 November 2023 - 16:42 WIB
loading...
Dibikin Remuk, Ini Detail Kendaraan Lapis Baja Canggih Israel yang Dihancurkan Hamas
Kendaraan ini telah terbukti mampu beroperasi di berbagai medan dan kondisi cuaca, serta mampu menghadapi berbagai ancaman. FOTO/ Army Recognition
A A A
Militan Hamas berhasil menghancurkan sebuah kendaraan lapis baja APC Panther Israel dengan rudal Kornet di timur Gaza.



Dalam rekaman sebuah unit APC Panther Israel sedang melakukan patroli di dekat perbatasan Gaza. Tiba-tiba, sebuah rudal Kornet ditembakkan dari arah Gaza dan menghantam APC tersebut.

Akibat serangan tersebut, APC tersebut mengalami kerusakan berat dan terbakar. Seluruh awaknya, yang berjumlah lima orang, tewas.

Ini merupakan salah satu serangan paling mematikan yang dilakukan oleh Hamas terhadap pasukan Israel dalam beberapa tahun terakhir.
Dibikin Remuk, Ini Detail Kendaraan Lapis Baja Canggih Israel yang Dihancurkan Hamas

Serangan ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Israel dan Hamas. Dalam beberapa pekan terakhir, kedua pihak telah saling melancarkan serangan roket dan artileri.

Pemerintah Israel mengecam serangan tersebut dan mengancam akan membalasnya dengan kekuatan penuh. "Kami akan mengejar dan menghukum para teroris yang bertanggung jawab atas serangan ini," kata Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz seperti dilansir dari Army Recognition, Minggu (12/11/2023).

Hamas, yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut, mengatakan bahwa serangan itu merupakan balasan atas serangan Israel terhadap Gaza.

"Kami akan terus berjuang untuk membebaskan tanah air kami dari penjajahan Israel," kata juru bicara Hamas, Fawzi Barhoum.

Kendaraan tempur APC Panther adalah kendaraan lapis baja buatan Israel yang dikembangkan oleh Rafael Advanced Defense Systems.

Kendaraan ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1996 dan mulai digunakan oleh Angkatan Darat Israel pada tahun 1998.

APC Panther memiliki bobot 22 ton dan mampu menampung hingga 10 orang. Kendaraan ini dilengkapi dengan perlindungan lapis baja yang mampu menahan tembakan senjata ringan dan mortir. APC Panther juga dilengkapi dengan persenjataan berupa senapan mesin berat 12,7 mm dan peluncur roket anti-tank.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)