Ini Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Honda EM1 e:, Baca Dulu Sebelum Beli!

Senin, 13 November 2023 - 11:47 WIB
loading...
Ini Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Honda EM1 e:, Baca Dulu Sebelum Beli!
Motor listrik Honda EM1 e: dianggap kurang bisa bersaing dengan kompetitor lokal maupun China yang sudah terlebih dulu ada. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja meluncurkan motor listrik pertama mereka Honda EM1 e: pada GIIAS 2023. Sebelum memesan skuter berbasis baterai itu, simak dulu kelebihan dan kekurangannya.

Sebagai informasi, meski sudah resmi meluncur, tapi AHM belum mengonfirmasi harga resmi dari skuter listrik tersebut. Mereka hanya memberikan kisaran harga Honda EM1 e:, yakni Rp40-45 juta dengan baterai MPP.

Bagi yang ingin membeli, ada baiknya untuk menyimak lebih dulu kelebihan dan kekurangan Honda EM1 e:.

Kelebihan

1. Ramah lingkungan

Sebagai motor listrik berbasis baterai, pastinya Honda EM1 e: ramah lingkungan karena tidak menciptakan emisi.

2. Efisien

Seperti kendaraan listrik lainnya, Honda EM1 e: juga sangat efisien dalam hal biaya operasional karena tidak perlu membeli bahan bakar. Pengguna hanya perlu mengisi daya baterai yang biayanya tidak begitu besar.

3. Nyaman dikendarai

Motor listrik Honda EM1 e: nyaman untuk dikendarai karena tidak memiliki getaran seperti yang dihasilkan motor konvensional. Desainnya yang kompak dan bobotnya yang ringan juga membuat motor listrik ini sangat lincah.

4. Baterai bisa dilepas-pasang

Keunggulan motor listrik Honda EM1 e: adalah baterainya yang bisa dilepas-pasang (detachable). Hal ini membuat pengguna yang memiliki mobilitas tinggi tak perlu repot mengisi daya, karena hanya menukar baterai ketika daya habis.

5. Pengisian daya cepat

Honda juga telah membekali baterai EM1 e: dengan teknologi pengisian daya cepat dengan Honda Power Pack Charger e:. Untuk mengisi 25-75 persen hanya butuh waktu 2,7 jam (160 menit), dan 0-100 persen dibutuhkan waktu 6 jam.

6. Pencahayaan full LED

Sebagai motor masa depan, Honda EM1 e: sudah menggunakan pencahayaan full LED yang dapat memberikan penerangan lebih baik.

7. Informasi MID lengkap

Honda EM1 e: dibekali dengan panel instrumen yang berisi informasi lengkap, seperti menunjukkan kecepatan, jarak tempuh, jam, trip meter, pilihan mode berkendara (Standard dan ECO), serta indikator baterai.

8. Dek luas dan jok lebar

Ruang kaki motor listrik Honda EM1 e: juga cukup luas, sehingga membuat pengguna sangat nyaman. Terdapat juga jok yang cukup lebar, meski skuter ini memiliki desain yang kompak.

9. Rem cakram

Motor listrik dikenal dengan torsinya yang besar. Untuk itu, Honda EM1 e: dibekali dengan rem cakram untuk meningkatkan keamanan berkendara.

Kekurangan

1. Harga cukup tinggi

Jika dibandingkan dengan motor sekelasnya, Honda EM1 e: yang harganya diperkirakan Rp40-Rp45 juta cukup tinggi. Pasalnya, motor listrik ini memiliki motor penggerak setara dengan motor konvensional 50 cc, sehingga tak punya tenaga yang besar. Padahal, dengan harga serupa banyak motor listrik lokal maupun merek China yang memiliki fitur dan spesifikasi jauh lebih tinggi.

2. Jarak tempuh dan kecepatan rendah

Honda EM1 e: hanya dapat menempuh jarak maksimal 41,1 kilometer dengan kecepatan tertinggi 45 km/jam. Jelas itu menjadi kekurangan utama motor listrik ini, mengingat produsen China membuat produk yang bisa menempuh jarak hingga 100 kilometer.


3. Belum ABS

Meski memiliki harga yang cukup tinggi, motor listrik Honda EM1 e: belum dilengkapi dengan teknologi ABS (Anti-lock Braking System). Pasalnya, teknologi ini dapat membantu pengendara dari ban yang selip akibat jalanan licinatauberpasir.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2293 seconds (0.1#10.140)