3 Perbedaan Sepeda Motor Keyless dengan Smart Key, Mana yang Lebih Canggih?

Selasa, 14 November 2023 - 15:12 WIB
loading...
3 Perbedaan Sepeda Motor Keyless dengan Smart Key, Mana yang Lebih Canggih?
Ada beberapa perbedaan sepeda motor keyless dan smart key yang bisa menjadi pertimbangan pengguna. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sepeda motor keyless dan smart key kini sudah mulai banyak digunakan. Keyless dan smart key sendiri merujuk pada sistem kunci yang digunakan sepeda motor.

Dulunya, sistem keyless dan smartkey ini hanya digunakan di kendaraan roda empat, atau motor mewah saja. Namun, saat ini hampir semua motor keluaran baru telah dilengkapi sistem kunci tersebut.

Pada umumnya, sepeda motor keyless dan smart key memang sulit dibedakan bagi orang awam. Keduanya memiliki fungsi yang kurang lebih sama, yakni demi meningkatkan keamanan dan efisiensi.

Meski begitu, keduanya tetap memiliki perbedaan mencolok. Berikut ini perbedaan sepeda motor keyless dan smart key.

3 Perbedaan Sepeda Motor Keyless dengan Smart Key


1. Pengertian


Sepeda motor yang menggunakan sistem keyless berarti sudah tidak menerapkan sistem kunci konvensional yang harus dimasukkan ke dalam stop kunci. Dengan kata lain telah menggunakan teknologi tanpa kunci.



Sementara motor yang telah dibekali dengan smart key adalah salah satu teknologi terbaru yang berfungsi sebagai pengganti kunci fisik atau kunci konvensional. Cirinya kurang lebih sama dengan keyless namun memiliki beberapa fitur tambahan.

2. Cara Kerja


Kunci motor keyless umumnya berbentuk remot yang akan mengirimkan sinyal frekuensi ke sistem komputasi motor yang kemudian akan memvalidasi jika sinyal sudah dikirim. Dengan begitu motor dapat hidup dan mati hanya dengan memencet tombol saja.



Cara kerja itu juga berlaku bagi smart key, perbedaannya terletak pada fitur tambahan yang dimiliki oleh smart key.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1360 seconds (0.1#10.140)