Mengenal Honda ZR-V, SUV Mewah Honda yang Dirancang untuk Gen Z

Sabtu, 18 November 2023 - 10:28 WIB
loading...
Mengenal Honda ZR-V, SUV Mewah Honda yang Dirancang untuk Gen Z
Honda ZR-V menjadi pengganti Honda HR-V di pasar seperti Amerika, berada di bawah Honda CR-V. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JEPANG - Ini mungkin SUV Honda dengan tampilan paling unik: ZR-V . Kendaraan ini hanya dipasarkan di Amerika, Australia, Eropa, serta Jepang.

Seharusnya, Honda ZR-V diposisikan diantara Honda HR-V dan Honda CR-V. Tapi, di pasar Amerika, ZR-V menggantikan posisi Honda HR-V. SINDONews sempat melihat lebih dekat Honda ZR-V saat berkunjung ke Honda R&D di Tochigi, Jepang, belum lama ini. Memang tidak ada agenda untuk mencoba mobil tersebut. Tapi, berkesempatan untuk melihat-lihat lebih dekat interior dan eksteriornya.

Grill Menonjol
Mengenal Honda ZR-V, SUV Mewah Honda yang Dirancang untuk Gen Z

Salah satu keunikan Honda ZR-V adalah grillnya yang unik. Sangat berbeda dengan ciri khas model-model Honda baru seperti Honda Civic, Honda HR-V, maupun Honda CR-V.

Desain fasia depan menampilkan kisi-kisi vertikal, dirancang selaras dengan area sekitarnya. Lampu depan lebar tampak tajam horizontal.

Sepintas grillnya mirip dengan Aston Martin DBX 707, SUV terkencang di dunia itu. Kemudian, perbedaan signifikan lain adalah peletakkan emblem H tepat di atas gril, bukan di tengahnya.

Honda ZR-V terkesan kekar dengan bonet lebih panjang dibanding HR-V. Sementara bodinya juga lebih lebar. Bedanya, posisi handle pintu ZR-V tidak di atas seperti HR-V yang ingin mendapatkan kesan kupe.

Konsep eksterior Honda ZR-V telrihat mengalir dari depan ke belakang, menonjolkan tapak lebar kendaraan.

Ditujukan untuk Gen Z

Mengenal Honda ZR-V, SUV Mewah Honda yang Dirancang untuk Gen Z

Nama ZR-V sendiri adalah kependekan dari Z Roundabout Vehicle. Z, disini maksudnya adalah Gen Z. Meski rasanya ZR-V lebih cocok untuk pria dewasa yang sudah mapan.

Masuk ke interior, kemewahan terasa sekali. Sepintas, memang masih ada kemiripan dengan Honda Civic. Karena mobil ini menggunakan platform yang sama.

Hanya saja, berbeda dengan CR-V dan Civic yang interiornya penuh garis tegas, desain kabin ZR-V banyak menampilkan lekukan. Di dalamnya ada fitur-fitur standar seperti 12 speaker Bose Premium Sound System (tipe tertinggi), wireless Apple CarPlay dan Android Auto.

Tuas kemudi sudah berbahan kulit. Begitupun joknya, dengan kursi depan yang sudah dilengkapi pemanas, wireless charger, sport pedals, rear-cross traffic alert, blind-spot monitoring, smart keycard, pemanas kemudi, navigasi serta sistem air purification.

Konsol tengah dek tinggi memisahkan kursi depan untuk menciptakan ruang pribadi bagi pengemudi dan penumpang depan. Ini terasa mewah sekali.
Instrumen panel dan high deck center console menghadirkan ruang kabin yang nyaman dan juga lega.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3135 seconds (0.1#10.140)