Bisakah Ban Mobil Biasa Digunakan untuk Kendaraan Listrik, Ini Jawabannya

Senin, 20 November 2023 - 14:58 WIB
loading...
Bisakah Ban Mobil Biasa Digunakan untuk Kendaraan Listrik, Ini Jawabannya
Bisakah Ban Mobil Biasa Digunakan untuk Kendaraan Listrik. FOTO/ CC
A A A
JAKARTA - Ada beragam perbedaan antara mobil listrik dengan mobil konvensional mulai dari sisi desain hingga cara kerjanya. Tambahan komponen baterai pada BEV (battery electric vehicle) juga menjadi pembeda utamanya.


Selain beda sumber tenaga EV juga perlu ban khusus mobil listrik berbeda dari mobil konvensional. Ini bukannya tanpa alasan tapi untuk menunjang kebutuhan EV yang jauh lebih senyap dan bobotnya berat.

Secara teknis, ban mobil biasa bisa digunakan untuk mobil listrik. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda ingin melakukannya.

Berikut adalah beberapa perbedaan antara ban mobil biasa dan ban mobil listrik:


Berat

Mobil listrik memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan mobil konvensional karena adanya baterai. Oleh karena itu, ban mobil listrik juga harus lebih kuat untuk menopang beban ekstra tersebut.

Torsi

Motor listrik mobil listrik memberikan torsi instan, yang berarti mobil dapat bergerak dengan cepat bahkan dari keadaan diam. Hal ini menyebabkan ban mobil listrik harus memiliki daya cengkeram yang lebih baik untuk mencegah slip.

Efisiensi

Ban mobil listrik dirancang untuk mengurangi gesekan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan jangkauan tempuh baterai.

Jika Anda memasang ban mobil biasa pada mobil listrik, ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi, antara lain:

Ban lebih cepat aus
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)