Investasikan Rp42,8 Triliun, Nissan Siap Produksi Juke Listrik dengan Konsep Hyper Car

Jum'at, 24 November 2023 - 20:58 WIB
loading...
Investasikan Rp42,8 Triliun, Nissan Siap Produksi Juke Listrik dengan Konsep Hyper Car
Nissan mengonfirmasi akan memproduksi SUV Juke dan Qashqai yang serba listrik serta Leaf generasi berikutnya sebagai kendaraan masa depan. Foto/Insiedeevs
A A A
LONDON - Nissan mengonfirmasi akan memproduksi SUV Juke dan Qashqai yang serba listrik serta Leaf generasi berikutnya sebagai kendaraan masa depan. Juke elektrik terinspirasi dari kajian Hyper Punk, sedangkan Qashqai EV akan mengambil inspirasi dari konsep Hyper Urban.

Produsen mobil Jepang tersebut mengumumkan menginvestasikan total hingga 3 miliar pound atau USD3,75 miliar (Rp42,8 triliun) untuk produksi tiga kendaraan listrik tersebut. Termasuk pembangunan tiga pabrik baterai dengan mitranya Envision AESC dan infrastruktur pabrik di Sunderland, Inggris.

Dari total investasi tersebut, hingga 1,12 miliar pound (USD1,41 miliar) akan dialokasikan untuk penelitian dan pengembangan serta pembuatan Juke listrik dan Qashqai. Jumlah tersebut mencakup peningkatan fasilitas dan proses manufaktur, pelatihan keterampilan, dan peralatan untuk pemasok.



Ketika selesai, hub EV36Zero Nissan di Sunderland akan memproduksi tiga kendaraan listrik dan sel baterai di tiga gigafactories. “Menyenangkan, kendaraan listrik adalah inti dari rencana kami untuk mencapai netralitas karbon,” kata Presiden dan CEO Nissan, Makoto Uchida dikutip SINDOnews dari laman insideevs, Jumat (24/11/2023).

Ini merupakan tambahan dari investasi sebesar 423 juta pound atau USD531 juta pada fase pertama EV36Zero untuk kendaraan listrik masa depan pertama, penerus kendaraan listrik entry-level Leaf. Model baru ini akan mulai diproduksi di Sunderland pada tahun 2026.
Investasikan Rp42,8 Triliun, Nissan Siap Produksi Juke Listrik dengan Konsep Hyper Car


Menariknya, Nissan mengatakan kendaraan listrik masa depan yang baru dikonfirmasi akan dibuat di Sunderland akan mengambil inspirasi dari mobil konsepnya yang baru saja diluncurkan. Nissan Hyper Urban Concept akan mempengaruhi desain Qashqai EV masa depan.

Sedangkan Hyper Punk Concept akan membentuk Juke EV. Telah diketahui bahwa Konsep Chill-Out pada tahun 2021 akan memberikan inspirasi bagi Leaf selanjutnya. “Dengan hadirnya versi listrik sebagai model inti produksi di Eropa, ini mempercepat menuju era baru bagi Nissan, bagi industri, dan bagi pelanggan kami,” kata Uchida.



Produsen mobil tersebut mengatakan akan memberikan lebih banyak informasi tentang tiga kendaraan listrik yang akan datang, termasuk nama, spesifikasi dan tanggal peluncuran, di lain waktu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2359 seconds (0.1#10.140)