Hati-Hati! Kebiasaan Mematikan Motor dengan Standar Bikin Aki Cepat Rusak

Jum'at, 22 September 2023 - 20:00 WIB
loading...
Hati-Hati! Kebiasaan Mematikan Motor dengan Standar Bikin Aki Cepat Rusak
Kebiasaan mematikan mesin motor dengan standar samping ternyata tidak baik. (Foto: AHM)
A A A
JAKARTA - Kebiasaan mematikan motor dengan standar samping ternyata bisa mengakibatkan komponen motor rusak.

Pengguna sepeda motor, utamanya motor matik pastinya sudah mengetahui, fitur pada standar samping. Biasanya pengguna motor menggunakan standar samping saat sedang terburu-buru.

Nah, ketika mematikan motor dengan standar samping itu sering kali banyak pengguna yang meninggalkan motor dengan mesin dalam keadaan menyala. Kebiasaan ini terjadi karena terdapat fitur Side Stand Switch yang membuat mesin sepeda motor akan otomatis mati jika standar samping turun.



Padahal kebiasaan ini dapat mengakibatkan aki motor aus. Sebagai antisipasi, saat mematikan motor dengan menggunakan standar samping, jangan lupa segera mematikan kunci kontaknya.

Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/9/2023), secara sistem kerja, bagian pangkal standar samping akan dihubungkan dengan sistem kontrol mesin (ECU) untuk memutus sistem pengapian secara otomatis.



Akan tetapi, fitur ini juga memiliki manfaat yang cukup baik untuk mencegah sepeda motor agar tidak bisa langsung digunakan, ketika sedang ditinggalkan dalam keadaan menyala.

MG/Talitha Luthfiana Safa
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)