5 Penyebab Motor Tidak Bisa Distarter dan Cara Mengatasinya

Rabu, 25 Oktober 2023 - 14:35 WIB
loading...
5 Penyebab Motor Tidak Bisa Distarter dan Cara Mengatasinya
Penyebab motor tidak bisa distarter bisa karena aki yang lemah hingga faktor lainnya. Foto/suzuki.co.id
A A A
JAKARTA - Penyebab motor tidak bisa distarter perlu diketahui setiap pengendara. Hal ini tentu saja sangat mengganggu, apalagi jika sedang terburu-buru atau berada di tempat yang sepi.

Untuk itu, penting sekali untuk mengetahui cara mengatasinya agar ketika berada di situasi darurat, motor bisa kembali menyala. Sebelum itu, ketahui terlebih dahulu penyebab motor Anda tidak bisa distarter.

Dengan mengetahui penyebab serta solusinya, Anda akan merasa lebih tenang ketika masalah ini muncul. Tidak selalu harus dibawa ke bengkel, ada berbagai hal yang bisa dilakukan sendiri jika motor tidak bisa dinyalakan.

Penyebab Motor Tidak Bisa Distarter dan Cara Mengatasinya


1. Aki Lemah atau Habis


Aki adalah sumber daya listrik yang digunakan untuk menghidupkan mesin motor dengan tombol starter. Jika aki lemah atau habis, maka motor tidak akan bisa distarter.



Cara mengatasi masalah ini adalah dengan mengisi ulang aki dengan charger. Namun, jika saat di charger aki tidak merespons, maka aki dalam kategori rusak dan harus menggantinya dengan yang baru.

2. Sekring Putus atau Rusak


Sekring merupakan sebuah komponen yang berfungsi sebagai pengaman arus listrik. Komponen yang satu ini bisa dibilang sebagai alat utama dalam menjaga arus pada starter motor.

Jika sekring putus atau rusak, maka arus listrik tidak akan sampai ke sistem starter dan mesin motor. Cara mengatasi masalah ini dengan memeriksa dan mengganti sekring yang bermasalah dengan yang baru.

3. Kabel Konslet atau Putus


Ada kemungkinan jika starter motor rusak yang bermasalah adalah bagian kabel korsleting atau terputus. Kabel adalah komponen yang menghubungkan sumber listrik dengan starter dan mesin motor.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)