Bahayakah Isi Bensin dalam Keadaan Mobil Menyala? Ini Jawabannya

Jum'at, 08 Desember 2023 - 15:45 WIB
loading...
Bahayakah Isi Bensin dalam Keadaan Mobil Menyala? Ini Jawabannya
Ada sejumlah bahaya yang akan timbul jika isi bensin dalam keadaan mobil menyala. Ini harus dihindari para pengendara. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Peringatan bahaya isi bensin dalam keadaan mobil menyala kerap disampaikan oleh para petugas SPBU. Meski begitu, tidak semua pengendara patuh pada peringatan tersebut.

Seperti peringatan pada umumnya, mengisi bensin ketika mesin mobil menyala ternyata cukup berbahaya. Lantas, apa saja dampaknya bila mengisi BBM dalam kondisi mesin kendaraan menyala? Berikut ulasannya.

Bahaya Isi Bensin dalam Keadaan Mobil Menyala


1. Menimbulkan Percikan Api dari Knalpot


Isi bensin dalam keadaan mobil menyala bisa menyebabkan percikan api dari knalpot, kabel busi, atau komponen listrik lainnya yang bisa menyulut bensin yang tumpah atau bocor.



Hal ini bisa menimbulkan kebakaran atau ledakan yang bisa membahayakan pengendara, penjaga pompa, atau orang lain di sekitar. Sementara itu, jika terjadi kebakaran atau ledakan, mobil bisa rusak parah atau bahkan hancur.

2. Bisa Menghasilkan Gas Beracun Berbahaya


Isi bensin ketika mesin mobil menyala juga bisa menghasilkan gas beracun seperti karbon monoksida, hidrokarbon, atau nitrogen oksida. Ini bisa terhirup oleh pengendara, penjaga pompa, atau orang lain di sekitar.



Gas-gas ini bisa menyebabkan gangguan pernapasan, iritasi mata, sakit kepala, mual, pusing, atau bahkan keracunan. Gas-gas ini juga bisa mencemari lingkungan dan menyebabkan efek rumah kaca.

3. Bahaya bagi Kinerja Mesin Mobil


Mengisi BBM dalam keadaan mobil menyala juga bisa memengaruhi kinerja mesin mobil. Hal ini karena bensin yang masuk ke tangki bisa bercampur dengan udara panas dari mesin yang menyala.

Campuran ini bisa menyebabkan bensin mengembang dan menurunkan oktan. Bensin dengan oktan rendah bisa menyebabkan mesin mobil menjadi kurang bertenaga, boros bahan bakar, atau bahkan mengalami knocking.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari kebiasaan isi bensin dalam keadaan mobil menyala. Selalu matikan mesin mobil saat isi bensin untuk menghindari bahaya-bahaya di atas.

Selain itu, pastikan juga untuk mematuhi aturan dan tata cara isi bensin yang benar, seperti tidak merokok, tidak menggunakan ponsel, tidak membuka pintu atau jendela mobil, dan tidak meninggalkan mobil saat isi bensin. Dengan begitu, Anda bisa menjaga keselamatan, kesehatan, dan kinerja mesin mobil Anda.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3462 seconds (0.1#10.140)