Performa Mesin Jadi Alasan Mazda RX-8 Jadi Incaran Penikmat Kecepatan

Minggu, 24 Desember 2023 - 01:41 WIB
loading...
Performa Mesin Jadi Alasan Mazda RX-8 Jadi Incaran Penikmat Kecepatan
Mazda RX-8 . FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mazda RX-8 merupakan salah satu sportcar besutan Mazda yang menggunakan mesin rotari. Sportcar berpintu empat dengan bentuk unik ini pertama kali dikenalkan ketika pergelaran North American International Auto Show pada tahun 2001.


Di pasar Indonesia, mobil unik ini sangat susah ditemukan dalam kondisi standar. Karena kebanyakan pemiliknya memang pencinta kecepatan.

Harga yang ditawarkan biasanya berada di rentang 250 jutaan untuk tahun rendah dan 450 jutaan untuk tahun tinggi.

Seperti dilansir dari Carscoops, Versi awal penjualan dari Mazda RX-8 menggunakan mesin yang hampir sama dengan pendahulunya, Mazda RX-7.

Mesin rotary 13B sedikit dirancang ulang agar redline dapat menyentuh angka 9.000 RPM untuk transmisi manual dan 7.500 RPM untuk transmisi otomatis.

Hasil rancangan baru memungkinkan mesin ini masuk ke golongan naturally aspirated ‘Renesis’. Mesin yang digunakan hanya berkapasitas 1,3 liter. Kecil-kecil cabe rawit. Tak ayal, dengan sedikit sentuhan modifikasi, mobil ini dapat mengalahkan mobil bermesin jumbo yang didukung V6 dan V8 dengan mudah.

Tenaga yang dihasilkan berupa 232 HP untuk transmisi manual dan 212 HP untuk versi matic triptonic 6 percepatan. Sedangkan torsinya sendiri adalah 215 Nm pada 5.500 RPM.

Sayangnya, perawatan mesin Mazda RX-8 tergolong cukup rumit apalagi jika digeber terus-terusan pada putaran tinggi dan menyebabkan apex seal jebol dimana biaya pergantiannya tidak murah dan hanya bisa ditangani beberapa bengkel tuning tertentu.

Oleh karena itu, banyak pemilik RX-8 memutuskan untuk swap mesin menggunakan mesin LS Series kepunyaan Chevrolet Corvette karena memiliki tenaga yang besar dan sudah dibuktikan oleh kalangan tuner luar negeri dengan torehan output mencapai 400 hingga 600 HP.

Dan kini ada cara lain untuk mendapatkan Mazda RX-8, channel YouTube Garasi Drift akan menginisiasi giveaway yang berhadiah satu unit mobil Mazda RX-8 yang sudah dimodifikasi oleh Garasi Drift.

Project giveaway Mazda RX-8 ini merupakan mobil ke-4 hasil modifikasi Garasi Drift yang akan diberikan untuk para subscriber Garasi Drift yang beruntung.

Periode giveaway Mazda RX-8 ini akan berlangsung dari 22 Desember 2023 hingga 22 Februari 2024, bertepatan dengan ulang tahun Garasi Drift yang ke-7.

"Tujuan saya mengadakan giveaway ini adalah memberikan suatu apresiasi kepada para subscriber Garasi Drift yang turut ikut dalam membesarkan channel ini, dengan project ini saya ingin mewujudkan salah satu impian terbesar car enthusiast di Indonesia yaitu memiliki mobil JDM yang di modifikasi langsung oleh Garasi Drift," ujar CEO of Garasi Drift, Ziko Harnadi dalam keterangan persnya di Jakarta Sabtu (24/12/2023).
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5309 seconds (0.1#10.140)