4 Kesalahan Pengguna Motor Kopling, Ketahui sebelum Berakibat Fatal

Rabu, 27 Desember 2023 - 15:44 WIB
loading...
4 Kesalahan Pengguna Motor Kopling, Ketahui sebelum Berakibat Fatal
Kesalahan pengguna motor kopling penting untuk dipahami, agar tidak berakibat fatal. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kesalahan pengguna motor kopling ternyata tidak hanya dilakukan oleh para pengendara pemula saja. Mereka yang sudah terbiasa juga kadang masih banyak melakukan kesalahan.

Tidak hanya berakibat pada pendeknya usia komponen kendaraan , kesalahan dalam menggunakan kopling juga bisa membahayakan para pengendaranya.

Untuk menghindari hal tersebut, pengguna perlu mengetahui kesalahan apa saja yang bisa terjadi ketika menggunakan motor kopling. Adapun deretan kesalahan yang bisa terjadi saat menggunakan motor kopling akan diuraikan dalam paragraf berikut.

Dilansir dari berbagai sumber berikut empat kesalahan pengguna motor kopling yang berakibat fatal:

1. Jari Menempel di Tuas Kopling

Jari menempel di tuas kopling adalah salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pengendara motor. Kebiasaan ini dapat menyebabkan kampas kopling cepat aus dan bahan bakar boros.

Kampas kopling adalah komponen yang berfungsi untuk menghubungkan dan melepaskan putaran mesin dengan roda. Jika jari terus menempel di tuas kopling, maka kampas kopling akan selalu tergesek dan menghasilkan panas. Hal ini dapat merusak kampas kopling dan membuatnya tipis.

2. Menarik Tuas Kopling Saat Mengerem

Menarik tuas kopling saat mengerem adalah kesalahan yang dapat membahayakan pengendara motor. Kebiasaan ini dapat membuat motor mudah meluncur tidak terkendali, karena tidak ada gaya engine brake yang membantu proses pengereman.

Engine brake adalah gaya yang dihasilkan oleh mesin saat gigi masih terhubung dengan roda. Jika Anda menarik tuas kopling saat mengerem, maka Anda akan memutuskan hubungan antara mesin dan roda, sehingga gaya engine brake hilang.

3. Terlalu Kencang di Turunan

Terlalu kencang di turunan juga salah satu kesalahan yang dapat membahayakan keselamatan Anda saat mengendarai motor kopling. Kebiasaan ini juga bisa membuat Anda kehilangan kendali atas motor, karena rem saja tidak cukup untuk menghentikan laju motor di jalan menurun.

Motor kopling memiliki engine brake yang dapat digunakan untuk mengurangi kecepatan di jalan menurun. Jika Anda menggunakan engine brake, maka Anda dapat menghemat pemakaian rem dan mencegah overheat.


4. Terdapat Oli Pada Permukaan Disc

Kesalahan ini dapat mengurangi daya cengkeram kopling dan membuat motor sulit berakselerasi. Anda harus membersihkan permukaan disc dari oli, atau menggantinya jika sudah bergelombang. Oli bisa berasal dari rembesan oli mesin, oli rem, atau oli jalan yang terciprat saat berkendara.

Demikian ulasan tentang kesalahan apa saja saat menggunakan motor kopling dan akibat yang ditimbulkannya. Semogabermanfaat.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3808 seconds (0.1#10.140)