10 Tips Jitu Menghemat Bensin untuk Sepeda Motor

Rabu, 31 Januari 2024 - 15:39 WIB
loading...
10 Tips Jitu Menghemat Bensin untuk Sepeda Motor
Tips menghemat bensin untuk sepeda motor penting dipahami mereka yang rutin berkendara harian. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Bensin motor Anda cepat habis, padahal hanya dipakai untuk jarak dekat? Tenang, ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menghemat bensin.

Di era modern seperti sekarang ini, sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang paling populer di Indonesia. Selain praktis dan efisien, sepeda motor juga relatif terjangkau harganya.

Namun, penggunaan sepeda motor juga dapat berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih besar. Oleh karena itu, berikut adalah 10 tips yang bisa Anda terapkan agar dapat menghemat bensin sepeda motor:

1. Tidak Sering Memanaskan Motor

Memanaskan motor sebelum digunakan tidak perlu dilakukan, bahkan untuk motor dengan teknologi injeksi. Sebaiknya, setelah menyalakan mesin, pengguna motor bisa langsung menggunakannya. Namun, jika ingin tetap memanaskan motor, cukup panaskan mesin motor selama 1 menit sebelum mulai berkendara.

2. Pastikan Tekanan Udara Ban

Pastikan ban sepeda motor Anda memiliki tekanan udara yang tepat. Hal tersebut dikarenakan ban motor yang kempes dapat membuat ban lebih banyak terkena gesekan dan menyebabkan bahan bakar lebih boros serta mengurangi keamanan berkendara.

3. Berkendara Stabil

Berkendara secara stabil dan dengan kecepatan standar adalah salah satu cara paling efektif untuk menghemat bahan bakar. Saat Anda berkendara dengan kecepatan konstan, mesin dapat bekerja lebih efisien karena tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk mempercepat atau memperlambat kendaraan yang dapat membuat bensin lebih boros.

4. Pastikan Muatan Tidak Berlebihan

Tips kedua adalah jangan terlalu banyak membawa muatan di sepeda motor. Saat motor terlalu berat, maka kinerja mesin terpaksa bekerja lebih keras, sehingga membutuhkan lebih banyak bensin. Jadi, untuk mengirit bensin, sebaiknya jagalah agar beban di motor tetap ringan dengan mengurangi barang yang tidak penting.

5. Jangan Menginjak Rem atau Gas Secara Mendadak

Menggunakan rem dan gas secara tiba-tiba dapat membuat sepeda motor lebih boros bensin. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan rem dan gas secara perlahan dan terkontrol untuk menjaga stabilitas. Selain itu, menghindari penggunaan rem dan gas secara tiba-tiba juga membantu menghemat bahan bakar karena tidak memerlukan akselerasi yang berlebihan.

6. Buat Rute Perjalanan yang Efisien

Tips selanjutnya, buatlah rencana perjalanan yang matang sebelum berangkat. Hindari jalan-jalan yang rusak dan sering mengalami kemacetan. Kedua hal terebut akan membuat perjalanan Anda menjadi lebih lama serta menghabiskan bensin secara sia-sia. Solusinya, gunakan aplikasi navigasi untuk mencari rute alternatif yang lebih lancar.

7. Perawatan Sepeda Motor Secara Teratur

Rutin melakukan perawatan motor dapat membantu mendeteksi dan memperbaiki masalah yang bisa mempengaruhi kinerja mesin. Ini penting untuk menjaga efisiensi penggunaan bahan bakar. Pastikan untuk melakukan pemeriksaan rutin, mengganti suku cadang yang sudah rusak, dan perawatan umum lainnya.

8. Pilih Oli Motor yang Berkualitas

Oli motor yang baik dan sesuai dengan rekomendasi pabrik dapat membantu mesin agar tetap bekerja secara efisien. Sebaliknya, oli yang kotor atau kurang berkualitas dapat meningkatkan gesekan di mesin dan boros bahan bakar. Jadi, rajinlah mengganti oli sepeda motor sesuai dengan interval yang disarankan.

9. Periksa Kesehatan Busi Secara Rutin

Pastikan untuk memeriksa busi secara teratur dan menggantinya jika diperlukan. Busi yang rusak atau aus bisa membuat pembakaran tidak efisien, sehingga lebih boros bahan bakar. Selain itu, gunakan juga jenis busi yang direkomendasikan oleh pabrik untuk sepeda motor Anda.


10. Pilihlah Bahan Bakar dengan Oktan yang Lebih Tinggi

Gunakan bensin yang memiliki oktan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh sepeda motor Anda. Meskipun harganya biasanya lebih mahal, penggunaan bensin dengan oktan tinggi dapat menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan kinerja mesin yang optimal. Itulah 10 tips hemat bensin yang dapat Anda terapkan. Dengan mengikuti cara-cara di atas, Anda dapat menghemat konsumsi bahan bakarsepedamotor.

MG/Dinda Amelia Putri
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)