Apa yang Harus Dilakukan Jika Gas Motor Nyangkut?

Selasa, 22 Oktober 2024 - 08:52 WIB
loading...
Apa yang Harus Dilakukan...
Ada beberapa hal yang harus dilakukan jika gas motor nyangkut. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Gas motor nyangkut adalah situasi yang berbahaya dan bikin panik. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

Penyebab gas motor nyangkut beragam. Misalnya saja kabel gas kotor atau berkarat. Kotoran, debu, atau karat yang menumpuk di kabel gas atau selongsongnya bisa menghambat pergerakan kabel.

Bisa juga masalah pada tuas gas. Per di dalam tuas gas yang aus atau rusak bisa menyebabkan tuas gas tidak kembali ke posisi semula setelah diputar.

Faktor lain adalah masalah pada throttle body. Sensor TPS yang rusak bisa mengirimkan sinyal yang salah ke ECU, sehingga mesin menerima perintah untuk terus menambah gas meskipun tuas gas sudah dilepas.

Nah, apa yang harus dilakukan?

1. Jangan Panik!

Hal pertama yang perlu diingat adalah jangan panik. Tetap tenang dan fokus pada kondisi jalan. Nyalakan lampu hazard untuk memberi tanda pada pengendara lain bahwa Anda sedang mengalami masalah.

2. Tepi dan Matikan Mesin

Pelan-pelan pinggirkan motor ke tempat yang aman, lalu matikan mesin. Jangan melakukan pengereman mendadak karena bisa menyebabkan kecelakaan.

3. Periksa Kabel Gas

Setelah motor berhenti, periksa kabel gas.

Jika kabel gas terlihat kendur atau putus, segera ganti dengan yang baru.

Jika kabel gas masih terpasang dengan baik, coba lumasi kabel gas dengan pelumas khusus atau oli. Pastikan kabel gas bergerak dengan lancar di dalam selongsongnya.

4. Periksa Tuas Gas

Periksa tuas gas dan pastikan tidak ada kotoran atau benda asing yang menghalangi pergerakannya. Bersihkan tuas gas jika perlu.

5. Periksa Throttle Body (Untuk Motor Injeksi)

Untuk motor injeksi, periksa throttle body dan pastikan katupnya bergerak dengan bebas. Bersihkan throttle body jika terdapat kotoran yang menempel.

6. Periksa Karburator (Untuk Motor Karburator)

Untuk motor karburator, periksa bagian skep dan pastikan tidak macet atau aus. Bersihkan karburator jika perlu.

7. Cek Kondisi Lainnya

Pastikan tidak ada komponen lain yang mengganggu kerja gas, seperti stang kemudi yang bengkok atau spion yang menghalangi tuas gas.


8. Bawa ke Bengkel Terdekat

Jika setelah melakukan pemeriksaan di atas gas motor masih nyangkut, segera bawa motor ke bengkel terdekat untuk mendapatkan perbaikanlebihlanjut.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)