Mengenal Sistem Disc Brake di Kendaraan: Fungsi, Komponen, Penyebab Karat, dan Solusinya

Jum'at, 29 Desember 2023 - 13:55 WIB
loading...
Mengenal Sistem Disc Brake di Kendaraan: Fungsi, Komponen, Penyebab Karat, dan Solusinya
Sistem disc brake di kendaraan wajib diketahui baik untuk motor maupun mobil. Foto: AHM
A A A
JAKARTA - Disc brake , atau rem cakram, merupakan salah satu komponen penting pada sistem pengereman kendaraan modern. Baik pada sepeda motor maupun mobil, disc brake memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan keamanan berkendara.

Rem cakram , sebuah komponen penting dalam sistem pengereman kendaraan modern, telah membawa revolusi dalam cara kendaraan berhenti. Terdiri dari cakram, kaliper, blok rem, dan sistem hidrolik atau mekanik, rem cakram beroperasi dengan mengubah energi kinetik menjadi panas melalui gesekan.

Cakram, umumnya terbuat dari baja tahan karat, berputar bersama roda, sementara kaliper, yang berisi blok rem, menekan cakram ketika pedal rem ditekan.

Gesekan ini menciptakan gaya yang diperlukan untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan dengan efisien. Rem cakram memberikan keunggulan seperti pendinginan yang lebih baik dan efisiensi pengereman yang lebih tinggi dibandingkan rem drum tradisional. Keandalan dan kinerjanya menjadikannya bagian integral dalam menjamin keselamatan dan kontrol selama proses pengereman.

Fungsi Disc Brake

Fungsi utama disc brake adalah memperlambat atau menghentikan pergerakan kendaraan. Ketika pedal rem ditekan, sistem pengereman bekerja untuk mengubah energi kinetik kendaraan menjadi panas, mengurangi kecepatan, dan akhirnya menghentikan kendaraan.

Disc brake memberikan keunggulan dibandingkan sistem drum brake, khususnya dalam hal pendinginan yang lebih baik dan efisiensi pengereman yang lebih tinggi.

Komponen Disc Brake
Mengenal Sistem Disc Brake di Kendaraan: Fungsi, Komponen, Penyebab Karat, dan Solusinya

1. Cakram (Rotor): Merupakan bagian yang berputar bersama roda. Cakram biasanya terbuat dari baja tahan karat untuk meningkatkan ketahanan terhadap panas dan korosi.

2. Caliper: Komponen ini berfungsi untuk memegang dan melepaskan blok rem pada cakram. Caliper biasanya terbuat dari logam yang tahan panas.

3. Blok Rem (Brake Pad): Terletak di dalam caliper, blok rem adalah bahan gesek yang menekan cakram ketika pedal rem ditekan. Blok rem umumnya terbuat dari campuran logam, serat, dan bahan pemanas tahan.

4. Sistem Hidrolik atau Mekanik: Digunakan untuk mentransfer tekanan dari pedal rem ke kaliper, mengaktifkan pengereman.

Cara Kerja Disc Brake

1. Pengereman Normal: Saat pedal rem ditekan, cairan rem dipompa ke dalam caliper, mendorong blok rem menekan cakram dan menciptakan gesekan yang memperlambat kendaraan.

2. Pengereman Darurat (ABS): Beberapa kendaraan dilengkapi dengan Sistem Anti Blokir (ABS) yang mengatur tekanan rem secara otomatis untuk mencegah roda terkunci, memungkinkan pengemudi tetap mengendalikan kendaraan dalam kondisi pengereman keras.

Penyebab Karat pada Disc Brake
Mengenal Sistem Disc Brake di Kendaraan: Fungsi, Komponen, Penyebab Karat, dan Solusinya

1. Paparan Air dan Kelembaban: Disc brake yang terpapar air dan kelembaban tinggi memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami korosi atau karat.

2. Tidak Teratur Digunakan: Disc brake yang jarang digunakan cenderung lebih rentan terhadap karat. Oksidasi dapat terjadi pada permukaan cakram jika kendaraan tidak digunakan untuk jangka waktu yang lama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3123 seconds (0.1#10.140)