Infrastruktur SPKLU Semakin Kuat, Populasi Mobil Listrik Melesat

Sabtu, 30 Desember 2023 - 21:52 WIB
loading...
A A A
Di Jakarta,PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya menyiapkan 44 lokasi stasiun SPKLU. Jumlah itu belum termasuk SPKLU yang dikolaborasikan dengan swasta. PLN akan menambah 20 SPKLU lagi di Jakarta untuk memenuhi kebutuhan pengisian baterai mobil listrik masyarakat. Tujuh dari 20 SPKLU itu disiapkan dengan tipe ultra fast charging, sehingga waktu pengisian baterai hanya membutuhkan waktu 30 menit.

“Jumlah pengguna kendaraan listrik di Jakarta semakin banyak,”ungkap General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran.

Karenanya, PLN akan menggenjot kolaborasi dengan pihak lain untuk menyiapkan infrastruktur stasiun pengisian daya yang mudah dijangkau oleh para pengguna kendaraan listrik.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan, PLN memiliki komitmen besar untuk menghadirkan energi bersih bagi masyarakat melalui ekosistem kendaraan listrik.

“Kami terus melakukan transformasi untuk meningkatkan pelayanan pelanggan khususnya mendukung akselerasi ekosistem electric vehicle,”tegasnya.

Dia menambahkan, selain menyiapkan infrastruktur charging station, PLN juga meningkatkan pelayanan melalui PLN Mobile yang menyediakan berbagai layanan untuk kemudahan para pemilik mobil listrik.

Saat ini total SPKLU yang dioperasikan PLN mencapai 624 unit. Sedangkan ratusan SPKLU lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia dioperasikan mitra seperti Agen Pemegang Merek (APM) mobil, hotel, dan restoran maupun mitra lainnya.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman di liburan akhir tahun, kata Darmawan, PLN menyiapkan seluruh SPKLU yang tersebar di 411 titik di seluruh Indonesia.

Dalam keterangan resminya, PLN menyebutkan, tol Jawa diperkirakan akan menjadi tol yang paling banyak digunakan masyarakat. Namun, pengguna mobil listrik tak perlu resah karena PLN juga menyediakan SPKLU yang tersebar di lokasi rest area. Begitu juga bagi pengendara yang melintasi tol trans Sumatera.

PLN menyiapkan 64 unit chager pengisian mobil listrik (EV Charger) di 38 titik SPKLU ruas Tol Trans Sumatera-Jawa. “Dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile, masyarakat bisa dengan mudah mencari lokasi SPKLU terdekat,”tegas Darmawan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8792 seconds (0.1#10.140)