Volkswagen Golf Jadi Mobil Pertama di Dunia dengan ChatGPT sebagai Fitur Standar

Selasa, 09 Januari 2024 - 07:11 WIB
loading...
Volkswagen Golf Jadi Mobil Pertama di Dunia dengan ChatGPT sebagai Fitur Standar
VW Golf pertama di dunia yang menggunakan ChatGPT sebagai fitur standar. Nantinya, model VW lain bakal menyusul. Foto: ist
A A A
EROPA - Volkswagen Golf diklaim sebagai mobil pertama di dunia yang dilengkapi dengan teknologi percakapan robot ChatGPT. Bagaimana detailnya?

Volkswagen memberikan kejutan di ajang Consumer Electronic Show 2024 (CES) di Las Vegas, Senin (8/1/2024) kemarin. Mereka menghadirkan mobil terbaru Volkswagen Golf yang diklaim sebagai kendaraan pertama di dunia yang dilengkapi dengan teknologi percakapan robot atau Chatbot dari ChatGPT.

Dalam keterangan resmi, Volkswagen menyebutkan bahwa Volskwagen Golf bukan satu-satunya mobil buatan mereka yang memiliki ChatGPT. Ke depannya semua mobil buatan Volkswagen akan mendapatkan teknologi itu sebagai fitur standar.

Artinya masyarakat tidak perlu membayar biaya lebih mahal untuk memiliki mobil dengan teknologi ChatGPT.

" Volkswagen selalu mendemokratisasi semua teknologi agar bisa digunakan orang banyak. Ini merupakan karakter kami," ujar Kai Grunitz, Member of the Board of Management Volkswagen Brand.

Sebenarnya penyematan teknologi ChatGPT di dunia otomotif bukan hal asing lagi. Beberapa brand otomotif dunia seperti BMW, Mercedes-Benz, dan lainnya telah menggunakan teknologi tersebut.

Hanya saja teknologi tersebut masih dalam bentuk konsep. Ada juga yang hadir sebagai fitur opsional dimana pemilik mobil harus membayar untuk merasakan kecanggihan teknologi tersebut.

Dalam keterangan yang sama Volkswagen mengatakan teknologi ChatGPT akan digabungkan dengan teknologi perintah suara buatan mereka, IDA. Nantinya ChatGPT akan membantu IDA dengan berfungsi sebagai pusat data.

Pemilik mobil Volkswagen Golf nantinya akan bisa menanyakan apa saja semudah mereka menggunakan ChatGPT melalui aplikasi. Jadinya IDA tidak hanya lagi sekadar fitur yang bisa dilakukan untuk mengeksekusi beberapa perintah seperti mengontrol infotainment, navigasi, dan AC.



ChatGPT memungkinkan IDA menjawab pertanyaan pengetahuan umum. Ke depannya IDA juga bisa memberikan informasi tambahan untuk menjawab pertanyaan lainnya sebagai bagian dari kemampuannya yang terus berkembang.

"Hal ini dapat membantu dalam banyak hal selama perjalanan dengan mobil seperti memperkaya percakapan, menjawab pertanyaan, berinteraksi dalam bahasa intuitif, menerima informasi spesifik kendaraan, dan banyak lagi yang sepenuhnya dilakukan tanpa menggunakan tangan," sebutVolkswagen.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6460 seconds (0.1#10.140)