Apa Fungsi ECO di Mobil? Ini 5 Kegunaan yang Perlu Dipahami

Sabtu, 13 Januari 2024 - 09:05 WIB
loading...
Apa Fungsi ECO di Mobil? Ini 5 Kegunaan yang Perlu Dipahami
Fungsi mode Eco di mobil penting dipahami agar pengemudi bisa berkendara hemat. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Apa fungsi ECO pada mobil? Pertanyaan ini kerap ditanyakan mengingat istilah tersebut terbilang baru dalam penerapan fitur di kendaraan.

Saat ini sudah ada sejumlah produsen mobil yang menerapkan indikator ECO dalam kendaraan. Umumnya indikator ini berada di bagian speedometer mobil dan akan menyala ketika kendaraan dihidupkan.

Pada dasarnya ECO merupakan fitur modern yang dirancang untuk membantu pengemudi supaya dapat berkendara dengan lebih efisien.

Cara kerja indikator ini menggunakan data yang dikumpulkan oleh sensor dan sistem kendaraan. Dengan cara melakukan berbagai parameter, termasuk posisi pedal gas, kecepatan kendaraan, dan kondisi jalan.

Nantinya indikator ini akan memberikan umpan balik kepada pengemudi tentang seberapa efisien kendaraan sedang digunakan. Oleh karenanya fitur ini memiliki sejumlah fungsi yang bermanfaat bagi pengemudi.

5 Fungsi ECO Pada Mobil
Apa Fungsi ECO di Mobil? Ini 5 Kegunaan yang Perlu Dipahami

1. Pengaturan Mesin

Mengatur parameter mesin seperti waktu pengapian, injeksi bahan bakar, dan tekanan udara untuk meningkatkan efisiensi pembakaran.

2. Kontrol Akselerasi

Mode ECO dapat membatasi respons akselerasi, membuatnya lebih lembut untuk mencegah konsumsi bahan bakar yang berlebihan.

3. Pengaturan Energi Listrik

Beberapa mobil modern memiliki sistem pengaturan energi yang melibatkan penggunaan daya listrik untuk berbagai komponen. Mode ECO dapat mengoptimalkan penggunaan daya ini.


4. Penyesuaian Parameter Selama Berkendara

Beberapa mobil dapat secara dinamis menyesuaikan parameter-mode ECO selama perjalanan, tergantung pada kondisi jalan dan gaya mengemudi.

5. Indikator Konsumsi Bahan Bakar

Mode ECO sering disertai dengan indikator atau lampu peringatan yang memberi tahu pengemudi tentang seberapa efisien mereka mengemudi.

Itulah jawaban untuk pertanyaan apa fungsi ECO pada mobil. Intinya adalah fungsi ini akan sangat berguna bagi pengemudi dalam hal meningkatkan efisiensi bahan bakarkendaraan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1999 seconds (0.1#10.140)