Produksi Mobil Hidrogen Bakal Membutuhkan Bulu Ayam, Kok Bisa?

Rabu, 31 Januari 2024 - 17:16 WIB
loading...
Produksi Mobil Hidrogen Bakal Membutuhkan Bulu Ayam, Kok Bisa?
Bulu ayam di masa depan kemungkinan akan naik kelas. (Foto: Pixabay)
A A A
JAKARTA - Bulu ayam di masa depan kemungkinan akan naik kelas. Bukan lagi limbah yang dibuang, melainkan material yang dibutuhkan dalam produksi mobil hidrogen. Kok bisa?

Jika mobil hidrogen benar-benar lepas landas, bulu ayam dapat menjadi bagian integral dari sistem sel bahan bakar. Dilansir dari Topspeed, Rabu (31/1/2024), meskipun ada beberapa metode untuk menghasilkan daya, semuanya melibatkan mengambil suatu bentuk materi, memisahkan elektron dari sisa atom, dan mengirimkan elektron tersebut ke tempat tujuan untuk memberdayakan segala sesuatu yang terhubung.

Dalam sel bahan bakar hidrogen , bulu ayam akan digunakan untuk membuat membran semipermeabel yang memisahkan elektron dari atom hidrogen untuk menghasilkan listrik. Sebagai gambaran singkat, atom hidrogen terdiri dari satu proton (yang memiliki muatan positif) yang diorbit oleh satu elektron (yang memiliki muatan negatif). Beberapa atom hidrogen juga memiliki neutron yang bergabung dengan proton.

Setelah hidrogen yang mengambang di dalam sel bahan bakar telah terpecah menjadi proton dan elektron, sel bahan bakar hidrogen menggunakan apa yang disebut membran semipermeabel untuk menyaring elektron sehingga dapat dikirim melalui kawat sebagai listrik.



Jelas, ketika berurusan dengan hal-hal sekecil partikel subatom, sangat sulit untuk secara fisik memisahkan elektron dari yang lain. Sebaliknya, membran menggunakan muatan partikel untuk mengisolasi elektron dari segala sesuatu yang lain.

Membran memungkinkan proton dengan muatan positif untuk meloloskan diri. Tapi itu menghalangi elektron. Sebaliknya, elektron harus keluar dari sel bahan bakar dan masuk ke kawat yang akan membawanya melalui bagian lain mobil atau apa pun yang ditenagai oleh sel bahan bakar.

Saat ini, membran yang memisahkan proton dari elektron terbuat dari berbagai zat kimia yang disebut zat kimia abadi. Memproduksi zat kimia tersebut dan kemudian membuat membran darinya menyebabkan banyak masalah lingkungan. Dan bahkan jika seseorang tidak peduli tentang lingkungan, zat kimia itu mahal.

Namun, artikel terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Applied Materials and Interfaces American Chemical Society menyarankan bahwa keratin atau bahan yang terbuat dari bulu unggas dapat digunakan untuk membuat saringan elektron semipermeabel ini. Untuk jelasnya, membran pemisah elektron tidak akan terbuat dari keratin. Sebaliknya, keratin akan melalui serangkaian reaksi kimia dan proses lain untuk menghasilkan polimer yang membentuk membran.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3301 seconds (0.1#10.140)