Kenapa Motor Mendadak Tidak Bisa Distarter? Simak Penjelasannya!

Rabu, 31 Januari 2024 - 20:11 WIB
loading...
Kenapa Motor Mendadak Tidak Bisa Distarter? Simak Penjelasannya!
Penting mengetahui sebab motor yang tiba-tiba tidak bisa distarter agar tidak merepotkan. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Kenapa motor mendadak tidak bisa distarter? Pertanyaan ini sering muncul ketika pengendara dihadapkan pada masalah motornya yang tidak bisa menyala.

Kondisi motor yang tidak bisa menyala ini tentu sangat mengganggu. Terlebih jika pengendara sedang terburu-buru dan tidak menemukan bengkel di sekitar lokasi kejadian.

Pada salah satu solusinya, pengendara mungkin bisa mencoba dengan cara diengkol atau kick starter. Namun, langkah tersebut juga tidak selalu berhasil.

Lantas, apa sebenarnya penyebab dari motor yang mendadak tidak bisa distarter ini? Dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (31/1/2023), berikut sejumlah kemungkinan yang dapat menjadi masalahnya.

Kenapa Motor Mendadak Tidak Bisa Distarter?

Ketika mendapati masalah seperti di atas, sebagian besar pengendara mungkin akan langsung menebak sumber masalahnya dari aki atau accu.
Pada beberapa kasus, hal ini mungkin benar. Namun, masih ada sejumlah kemungkinan lain yang dapat menjadi penyebabnya. Berikut di antaranya.

1. Aki Lemah

Aki adalah salah satu komponen penting bagi sepeda motor. Salah satu fungsinya untuk sumber listrik yang digunakan menghidupkan motor dengan tombol starter.

Jika aki lemah atau bahkan habis, suplai listrik menjadi tidak optimal. Akibatnya, motor tidak akan bisa distarter. Solusinya tak lain adalah dengan mengisi ulang aki. Namun, jika sudah sampai soak, Anda harus menggantinya dengan yang baru.

2. Busi Bermasalah

Busi punya fungsi membangkitkan api dan membakar campuran bahan bakar pada ruang bakar mesin motor. Jika komponen ini bermasalah, motor akan kesulitan untuk menyala. Jika kondisi busi sudah aus, Anda disarankan untuk segera menggantinya. Hal ini lebih baik daripada harus mengganti aki di kemudian hari.

3. Sekring Putus

Sekring juga menjadi komponen penting sebagai pengaman arus listrik. Jika mengalami kerusakan, arus listrik tidak akan sampai ke sistem starter motor.
Untuk memastikan penyebabnya, pengendara bisa memeriksa kondisi sekring terlebih dahulu. Jika benar rusak, Anda perlu menggantinya dengan yang baru.

4. Kabel Rusak

Kemungkinan berikutnya adalah kondisi kabel yang rusak. Misal, karena korsleting atau terputus karena gigitan hewan. Jika kabel konslet atau putus, aliran listrik pada motor akan terganggu. Solusinya adalah dengan memeriksa dan segera memperbaiki kabel yang bermasalah.


5. Kompresi Bocor

Untuk memeriksa kemungkinan penyebab ini, Anda bisa melepaskan busi, lalu tutup lubangnya dengan ibu jari Anda. Kemudian, hidupkan motor dengan kick starter dan rasakan tekanannya. Apabila tekanan terasa lemah, bisa jadi ada kebocoran pada kompresi.

Itulah sejumlah kemungkinan penyebab motor yang tidak bisa distarter. Jadi, terjawab sudah pertanyaan terkait “Kenapa motor mendadak tidak bisa distarter?”. Semogabermanfaat.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4868 seconds (0.1#10.140)