China Kirim Penjelajah Pertama ke Mars

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 11:12 WIB
loading...
A A A
Pesawat ruang angkasa itu memiliki berat sekitar 240 kg. Ukuran ini menyerupai penjelajah China Yutu-2 yang saat ini sedang menjelajahi Bulan dari sisi luar yang jauh. “Misi China ke sisi jauh Bulan sangat sukses, jadi mereka membangun kesuksesan itu sekarang,” kata Forczyk.

China Kirim Penjelajah Pertama ke Mars


Pengorbit yang akan menyampaikan/menyiarkan data dari pendarat dan penjelajah kembali ke para ilmuwan di Bumi juga membawa seperangkat instrumen ilmiah sendiri. Pengorbit memiliki dua kamera dan spektro meter yang akan digunakan untuk membuat peta komposisi mineral pada permukaan Mars serta radar dan detektor untuk memeriksa partikel di atmosfer Mars.

Pengorbit juga akan mencari endapan es air yang bisa membantu menjelajah di masa yang akan datang. Tianwen-1 tidak akan sendirian diorbit Mars. Uni Emirat Arab juga baru saja meluncurkan misi pertamanya ke Mars, begitu pula penjelajah NASA “Perseverance”. Semua misi ini diluncurkan sekaligus karena Mars berada paling dekat dengan Bumi saat ini.

Ada saat di mana Mars dan Bumi memiliki jarak terdekat setiap dua tahun sekali. Peluncuran pada musim panas tahun ini menjadi waktu yang tepat. Mereka akan tiba di Mars pada sekitar waktu yang sama dan akan membantu kita memahami lebih banyak tentang seperti apa Mars sekarang dan sejarahnya.

“Semakin kita mempelajari seperti apa Mars sebenarnya dan bagaimana kita dapat beroperasi di sana menggunakan teknologi, pelajaran yang didapatkan tersebut dapat diterapkan pada misi manusia di masa depan,” kata Forczyk. (Lihat videonya: Aksi Begal Asusila di Padang, Korban Mengalami Trauma)

Badan antariksa China sebelumnya telah mengumumkan rencana untuk mengirim manusia ke Mars dalam beberapa dekade mendatang. Ini membuat informasi yang akan didapat dari Tianwen-1 sangat penting untuk menambah wawasan dan membantu para astronot untuk bertahan di Mars dan menjelajah di sana. (Fandy)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1538 seconds (0.1#10.140)