Sering Kecelakaan dengan Kanguru, Volkswagen Hadirkan Logo Baru

Minggu, 31 Maret 2024 - 06:34 WIB
loading...
Sering Kecelakaan dengan Kanguru, Volkswagen Hadirkan Logo Baru
Volkswagen Hadirkan Logo Baru. FOTO/ AUTOPRO
A A A
SIDNEY - Perusahaan Volkswagen menemukan bahwa sebagian besar pelanggannya terlibat dalam kecelakaan dengan kanguru di Australia.



Dan sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memasang logo Volkswagen baru di bagian depan kendaraan mereka.

Seperti dilansir dari Autopro, Minggu (31/3/2024), berbeda dengan logo produksi perusahaan lain yang memuat radar dan sensor, logo Volkswagen ini hadir dengan speaker yang menghasilkan suara khusus untuk memastikan kanguru menjauhi kendaraan saat berkendara.

Inovasi ini diberi nama Roobadge dengan menggunakan teknologi gelombang audio dalam pengoperasiannya yang dihasilkan bekerja sama dengan University of Melbourne dan juga data lokasi kanguru yang disediakan oleh LSM penyelamat satwa liar (Wires) di Australia.

Selain bisa ditempel langsung pada logo VW, perusahaan juga mengembangkan perangkat khusus lain yang mampu menghasilkan gelombang suara yang bisa ditempelkan pada pelat nomor STNK yang bisa ditempel di semua kendaraan. Namun sistem speaker mini ini masih dalam tahap penelitian

Sistem ini dirancang untuk mampu mengusir 3 spesies kanguru dengan menggunakan suara alami dan sintetis, namun Volkswagen berencana memperluas cakupannya ke hewan lain yang sering ditabrak pengguna jalan.

Untuk kendaraan uji, sistem dipasang pada Volkswagen Amarok lengkap dengan kamera 360 derajat dan sensor gerak.

Kendaraan uji ini dikendarai secara perlahan di sekitar area yang sering dikunjungi kanguru dan terbukti sangat efektif mencegah kanguru mendekati kendaraan yang dikendarai.

RooBadge dikembangkan dalam waktu 3 tahun beroperasi dengan aplikasi khusus pada kendaraan yang akan menerima feed data GPS dan data telemetri.

RooBadge secara otomatis akan menghasilkan gelombang suara ketika melewati area yang selalu rawan kecelakaan antara kanguru dan kendaraan

Meski tanggal peluncurannya mendekati 1 April (mungkin hanya lelucon April Mop), Volkswagen tampaknya serius mengembangkan perangkat RooBadge ini dan sedang mengembangkan perangkat serupa untuk digunakan di Eropa dan juga Amerika.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)