Perdana, Turki Rilis Mobil SUV Listrik Berbasis AI

Senin, 22 April 2024 - 16:47 WIB
loading...
A A A
Togg akan membeli motor listrik dari raksasa teknik kelistrikan Jerman, Bosch. Ini menghasilkan tenaga standar 160 kW/218 hp dan torsi 350 Nm.

T10X memungkinkan penggerak semua roda, karena unit dapat dipasang secara individu atau berpasangan pada poros belakang. Versi teratas memiliki output 320 kW/435 HP dan 700 Nm. Itu cukup untuk mengakselerasi SUV ini dari posisi diam hingga 100 km/jam dalam waktu 4,8 detik. Mereka mencantumkan kecepatan maksimum 185 km/jam.



Togg memasang layar di kokpit yang membentang di seluruh lebar dasbor, memungkinkan sejumlah fungsi baru. Fitur ini dimulai dengan kamera untuk menggantikan tombol Enter dengan pengenalan wajah dan juga dapat mengambil foto selfie.

Radio juga dipakai juga menggunakan kecerdasan buatan. Alih-alih hanya streaming musik dari internet dan membayar harga yang mahal, Togg membuat soundtrack sendiri dari 2.000 lagu instrumental dari berbagai genre.

Selain itu, mobil ini dapat dikendalikan dengan baik di jalan raya dan memiliki banyak pilihan material. Tentu saja, Togg tahu bahwa dunia tidak akan menantikan SUV listrik lainnya. Itu sebabnya perusahaan memasarkan mobil sebagai perangkat pintar, bukan sekedar alat transportasi roda empat sehari-hari.

Sistem di dalam kendaraan juga memiliki ekosistem digital. Di Turki, mereka berencana bekerja sama dengan maskapai penerbangan nasional, pemasok energi utama, dan bahkan kantor pajak.

Hal ini memungkinkan pemilik menggunakan uang dan poin bonus untuk memesan tiket pesawat, mengisi baterai, dan membayar pajak dari mobil. Togg saat ini sedang mencari mitra regional di luar Turki dan sedang menyusun paket serupa sehingga idenya dapat diterapkan secara internasional.

Elegan, lapang, berkelas dan sebanding dengan VW ID.4, Togg sudah meraih sukses besar di tanah kelahirannya. SUV ini kini siap memikat penggemarnya di luar Turki. Jika pembuat mobil berhasil mengekspor ide ekosistem digital, Tesla harus mengikutinya.

Satu-satunya hal yang tidak jelas adalah bagaimana kinerja Togg dalam simulasi keamanan. Togg tersebut belum menjalani uji keselamatan Euro NCAP (European New Car Assessment Programme). Namun perwakilan perusahaan Gurcan Karakas mengatakan pejabat Euro NCAP akan membeli SUV tersebut untuk pengujian independen setelah peluncuran komersialnya. Ini menyatakan bahwa Togg tentu sangat berbeda dengan Anadolu lama, yang merupakan satu-satunya fitur yang tersisa dalam sejarah mobil dan truk pikap yang diproduksi oleh Otosan Otomobile Sanayi di Istanbul dari tahun 1966 hingga 1991.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1788 seconds (0.1#10.140)