Setelah bZ4X, Toyota Bakal Bikin Mobil Listrik SUV 7 Penumpang

Sabtu, 27 April 2024 - 17:17 WIB
loading...
Setelah bZ4X, Toyota Bakal Bikin Mobil Listrik SUV 7 Penumpang
Toyota bakal memproduksi mobil listrik SUV tiga baris di pabriknya di Indiana, Amerika Serikat. (Foto: Carscoops)
A A A
JAKARTA - Toyota mulai serius dalam persaingan kendaraan listrik setelah sebagian besar negara Eropa menerapkan standar emisi tinggi. Kali ini, produsen asal Jepang itu berinvestasi besar-besaran untuk menciptakan mobil listrik terbaru.

Saat ini Toyota hanya mengandalkan bZ4X sebagai kendaraan listrik berbasis baterai yang ditawarkan ke konsumen. Toyota lebih fokus pada skema multi-pathway, yakni menawarkan beragam jenis mobilitas ramah lingkungan.

Melansir Carscoops, Sabtu (27/4/2024) Toyota mengungkapkan bakal memproduksi mobil listrik SUV tiga baris pada fasilitas pabriknya di Princeton, Indiana, Amerika Serikat. Untuk mewujudkannya, mereka akan melakukan perombakan besar-besaran pada pabriknya.



Memang belum ada penjelasan detail mengenai rencana tersebut. Tapi, dana yang digelontorkan bakal meningkatkan infrastruktur panbrik. Termasuk menambahkan jalur baru untuk perakitan paket baterai.

Nantinya, mobil listrik tersebut juga akan menggunakan komponen dari Toyota Battery Manufacturing yang ada di North Carolina. Direncanakan pabrik tersebut akan mulai beroperasi pada 2025.

Investasi ini akan menciptakan hingga 340 lapangan kerja baru dan Toyota mengatakan lapangan kerja tersebut akan berkualitas tinggi dan memiliki stabilitas jangka panjang. Diyakini, pekerjaan tersebut akan fokus pada produksi baterai dan crossover listrik.



Meski Toyota tidak banyak mengungkapkan rencana ini, produsen mobil tersebut mengonfirmasi bahwa crossover tiga baris misterius tersebut terpisah dari EV tiga baris yang diumumkan sebelumnya dan akan dibuat di Kentucky.

Model khusus tersebut dijadwalkan mulai diproduksi tahun depan, tetapi perusahaan belum mengumumkan jangka waktu untuk SUV yang akan diproduksi pada fasilitas pabrik di Indiana tersebut.

Toyota Motor Manufacturing Indiana saat ini memproduksi Highlander, Grand Highlander, dan Sienna serta Lexus TX. Gubernur Indiana Eric Holcomb menyambut baik kabar tersebut karena menciptakan lapangan kerja baru.

Eric mengungkapkan Indiana dan Toyota telah bekerja sama selama lebih dari 30 tahun yang telah menciptakan stabilitas lapangan pekerjaan. Kemitraan ini juga memberikan ketahanan ekonomi di Princeton dan wilayah sekitar barat daya Indiana. “Indiana dengan bangga berharap untuk terus menjadi pusat mobilitas masa depan,” kata Eric.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)