Mengenal Bus High Decker, Solusi Inovatif Transportasi Umum Dunia

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:29 WIB
loading...
Mengenal Bus High Decker, Solusi Inovatif Transportasi Umum Dunia
Bus high decker menjadi populer di lingkungan perkotaan dan pinggiran kota di seluruh dunia. (Foto: Dok SINDOnews)
A A A
JAKARTA - Desain transportasi umum kini didominasi tren bus high decker. Lantas apa yang dimaksud bus high decker? Mengenali bus high decker sejatinya bisa dari tingginya.

Bus high decker menjadi populer di lingkungan perkotaan dan pinggiran kota di seluruh dunia. Fungsi bus high decker terutama terkait efisiensi dan keberlanjutan sistem transportasi modern.

Melansir dari laman Tfl.gov.uk, Sabtu (18/5/2024) bus high decker, disebut juga bus tingkat termasuk jenis bus khusus yang memiliki desain dua lantai. Tidak seperti bus tingkat tunggal pada umumnya, kendaraan ini memiliki tingkat tambahan yang memungkinkan peningkatan kapasitas penumpang. Inovasi desain ini banyak ditemui terutama di kota-kota dengan populasi padat dan permintaan layanan transportasi umum tinggi.

Berbeda dengan bus konvensional yang hanya satu lantai untuk menampung penumpang dan barang bawaan, bus high decker dilengkapi dengan ruang penumpang yang tinggi. Desain canggih ini menawarkan banyak manfaat bagi penumpang dan operator bus.


Fitur utama dari bus high deckers antara lain:


1. Dek penumpang yang ditinggikan

2. Fitur utamanya berupa dek penumpang yang jauh lebih tinggi daripada kabin.

3. Ketinggiannya mencapai 3,4 meter - 3,5 meter.

Interior Luas


Dek yang lebih tinggi memungkinkan lebih banyak ruang interior. Berarti lebih banyak ruang bagi penumpang, menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan lapang dalam perjalanan jauh.

Peningkatan kapasitas bagasi


Ruang di bawah dek penumpang yang ditinggikan secara efektif digunakan sebagai penyimpanan bagasi. Kompartemen bagasi khusus ini memungkinkan penumpang mengemas barang bawaannya dengan lebih leluasa tanpa mengurangi ruang kaki atau ruang kabin.

Peningkatan Visibilitas


Penumpang dek atas sering menikmati pemandangan panorama melalui jendela besar, memberikan kesempatan bagus untuk menikmati pemandangan yang lewat.

Kelestarian lingkungan


Bus high decker menjadi alternatif ramah lingkungan dibandingkan monocar karena dapat mengangkut lebih banyak penumpang per perjalanan, sehingga mengurangi emisi karbondioksida dan menjadikan mobilitas perkotaan lebih berkelanjutan.

Simbolisme Ikonik


Bus high decker telah menjadi simbol ikonik transportasi umum di banyak kota di seluruh dunia, berkontribusi terhadap identitas budaya dan daya tarik wisata di pusat kota.

Peningkatan aerodinamika


Beberapa desain bus sayap tinggi berkontribusi terhadap peningkatan aerodinamika, yang dapat mengurangi konsumsi bahan bakar.


Asal-usul dan perkembangan Bus High Deckers


Konsep bus high decker dimulai pada awal abad ke-20, terutama di Inggris. Kebutuhan untuk menampung penumpang dalam jumlah besar secara efisien menyebabkan berkembangnya kendaraan yang menjulang tinggi ini. Seiring berjalannya waktu, desain dan teknik telah berkembang secara signifikan untuk menggabungkan kemajuan dalam material, teknologi, dan fitur keselamatan. Konsep bus high decker ini muncul di Indonesia sekitar 2009.

Jenis-Jenis Bus High Decker di Indonesia


Super High Decker (SHD)

SHD melangkah lebih jauh dan memiliki dek penumpang yang lebih tinggi yang mencapai 3,7 meter. Hal ini bisa membuat interior lebih luas dan menawarkan fasilitas lebih mewah. Namun, karena ketinggiannya, rute tertentu mungkin mengharuskan penumpang melakukan perjalanan dengan izin terbatas.

High Deck Double Glazed (HDD)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2447 seconds (0.1#10.140)
pixels