Kenworth SuperTruck 2 Diperkenalkan, Truk Listrik dengan Desain Super Keren

Minggu, 26 Mei 2024 - 09:46 WIB
loading...
Kenworth SuperTruck 2 Diperkenalkan, Truk Listrik dengan Desain Super Keren
Kenworth SuperTruck 2 . FOTO/ TT News.
A A A
PARIS - Bukan hanya Honda yang akan menjadi pionir truk ramah lingkungan. Bertempat di pameran Advanced Clean Transportation (ACT), Kenworth memperkenalkan SuperTruck 2 , truk ramah lingkungan dengan desain futuristik.



Seperti dilansir dari Carscoops, desain SuperTruck 2 ini memang berbeda dengan truk lainnya, terutama pada bagian depannya yang menyerupai kepala mobil peluru.

Hal itu memang untuk meningkatkan karakteristik aerodinamis dengan desain 'halus' di seluruh bodi. Ban juga tertutup seluruhnya untuk mengurangi hambatan dan kaca spion juga diganti dengan kamera untuk visibilitas lebih baik.

Selain daya tarik sistem lampu LED di seluruh bodi truk, juga dilengkapi dengan suspensi aktif yang dapat diatur ketinggiannya untuk mengoptimalkan pengoperasian dan membantu aerodinamis. Padahal, Anda bisa 'membanting' bodi seperti Honda Civic Fast and Furious secara tidak sengaja.

Fitur futuristiknya berlanjut ke interior kokpit yang menempatkan posisi pengemudi di tengah lengkap dengan panel instrumentasi digital berukuran 15 inci. Adikku sudah bilang kalau truk ini melaju seperti truk Highwayman. Secara ergonomis di luar kendali jika Anda melihat gambar dan video yang disediakan.

Bagian belakang kokpit dijadikan tempat istirahat pengemudi lengkap dengan sofa bed lengkap dengan meja portable dan air intake. Ruang ini terlihat lebih lega dibandingkan truk masa kini.

Tenaga truk ini dihasilkan oleh mesin PACCAR MX-11 yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 440hp dan dilengkapi sistem hybrid ringan menggunakan baterai lithium-ion generasi terbaru.

Selain meningkatkan efisiensi mesin, sistem hybrid juga membantu menghemat energi saat pengemudi beristirahat setelah berkendara dalam waktu lama. Mereka kini bisa mematikan mesin sambil istirahat dan menikmati tidur yang nyaman dengan dukungan sistem hybrid. Sebelumnya, mesin harus dibiarkan hidup untuk menggunakan AC.

Dengan perpaduan mesin diesel modern dan sistem hybrid, truk ini memberikan penghematan lebih baik dibandingkan truk konvensional lainnya. Faktanya, ini juga jauh lebih ringan sehingga berkontribusi terhadap penghematan yang lebih tinggi.

Ketahanan putaran roda juga berhasil dikurangi dengan penggunaan ban konsep terbaru yang hanya berbobot sekitar 161 kilogram. Itu sebabnya truk ini hanya dibekali tangki bahan bakar berkapasitas 303 liter. Anda tidak memerlukan tangki yang besar karena menghemat banyak bahan bakar.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3159 seconds (0.1#10.140)
pixels