Mampu Angkut 11 Orang, Ini Alasan Kia Tak Bawa Carnival Varian Hybrid

Kamis, 30 Mei 2024 - 08:19 WIB
loading...
Mampu Angkut 11 Orang,...
The New Kia Carnival resmi mengaspal di Indonesia, dengan sejumlah penyegaran. (Foto: Fadli Ramadan)
A A A
JAKARTA - The New Kia Carnival resmi mengaspal di Indonesia, dengan sejumlah penyegaran. Kendaraan ini merupakan generasi keempat setelah pertama kali diperkenalkan di Tanah Air pada ajang GIIAS 2021 silam.

Mobil MPV Premium yang dapat mengangkut hingga 11 orang ini sebelumnya sudah diluncurkan secara global di Korea Selatan dengan pilihan mesin hybrid. Tapi, PT Kreta Indo Artha (Kia) memilih tak membawa varian tesebut dan mempertahankan mesin diesel berkapasitas 2.200 cc.

Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha Ario Soerjo mengatakan ada sejumlah alasan yang membuat pihaknya belum membawa Carnival versi hybrid. Salah satunya adalah ketahanan mesin diesel dan konsumsi bahan bakar yang efisien.

“Kenapa diesel? Sekarang kita lihat mesin diesel terbukti tangguh dan irit, dan salah satu mesin diesel terhalus di Indonesia. Selain itu, dengan Kia Carnival diesel harga yang ditawarkan tidak terlalu jauh, bisa jadi alternatif menarik untuk konsumen. Karena memang kita coba tahan harga di bawah Rp1 miliar,” kata Ario kepada wartawan di Jakarta Selatan, Rabu (29/5/2025).

Mampu Angkut 11 Orang, Ini Alasan Kia Tak Bawa Carnival Varian Hybrid




Soal dapur pacu, The New Kia Carnival masih menggunakan mesin dengan konfigurasi yang sama seperti sebelumnya. Mobil ini menggunakan mesin Diesel Smartstream Engine D berkapasitas 2.200 cc CRDi yang mampu menghasilkan tenaga 194 PS dan torsi puncak 441 Nm yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 8-percepatan.

Ario menjelaskan regulasi di Indonesia masih belum terlalu mendukung untuk varian kendaraan selain diesel dan bensin. Namun, tak menutup kemungkinan jika nantinya Kia Indonesia menjual varian hybrid, ini disesuaikan dengan permintaan pasar di Tanah Air.

Baca Juga: Pintu Geser Tak Terkunci Sempurna, Kia Recall 2.956 Unit Carnival

“Regulasi kita masih belum terlalu mendukung untuk varian-varian selain diesel atau bensin. Namun, kita selalu pelajari, tidak menutup kemungkinan untuk varian lain, tapi untuk saat ini fokus diesel 2.200 cc yang sudah terbukti,” ujarnya.

The New Kia Carnival ditawarkan dalan tiga varian, yakni Premiere 7-seater dibanderol Rp1.155.000.000, Premiere 11-seater dijual Rp998.000.000, Dynamic 11-seater ditawarkan dengan harga Rp960.000.000. Seluruh harga tersebut berstatus on the road (OTR) Jakarta.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2700 seconds (0.1#10.140)