Waspada Motor Mati Mendadak, Ini 6 Cara Mengatasinya

Jum'at, 31 Mei 2024 - 11:00 WIB
loading...
Waspada Motor Mati Mendadak, Ini 6 Cara Mengatasinya
Motor mati mendadak bisa membahayakan pengemudi maupun penumpang. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Motor yang tidak dirawat dengan baik bisa mengalami mati mesin secara mendadak. Ini tentu berbahaya, apalagi ketika motor mati saat sedang digunakan berkendara.

Nah, ada beberapa cara untuk mengatasi motor mogok agar bisa menghidupkan mesinnya untuk dibawa ke bengkel terdekat.

Melansir laman Suzuki, ada beberapa peyebab motor mogok mendadak, seperti bahan bakar habis, keran bensin tertutup, oli mesin
kering, busi bermasalah, komponen listrik konslet, serta knalpot dan saringan udara terisi air.

Lalu, apa saja solusi untuk mengatasi masalah motor yang berhenti di jalan secara mendadak? Berikut beberapa tips mengatasi masalah motor mati tiba-tiba:

1. Cek dan Isi Ulang Bahan Bakar

Ketika motor tiba-tiba mogok di tengah jalan, langkah pertama adalah memeriksa ketersediaan bahan bakar. Coba cek indikator dashboard atau buka tangki secara manual untuk memastikan sisa bahan bakar.

Jika ternyata bahan bakar habis, segera cari tempat aman untuk mengisi ulang bahan bakar sebelum melanjutkan perjalanan. Lalu, periksa pula keran bensin dan pastikan tidak ada sumbatan yang bisa menghalangi aliran BBM ke karburator.

2. Cek Oli Mesin

Selanjutnya, pastikan secara rutin memeriksa tingkat dan kondisi oli mesin sebelum melakukan perjalanan. Jika masalah motor mogok terlanjur terjadi, segera ganti oli mesin dengan yang baru agar mesin tetap terlindungi dan kinerjanya optimal.

3. Cek Kondisi Busi

Busi adalah komponen yang bertanggung jawab untuk menghasilkan percikan api yang diperlukan untuk pembakaran dalam mesin. Busi yang kotor atau rusak dapat menyebabkan kendaraan mogok karena tidak ada percikan api yang dihasilkan.

4. Istirahatkan Motor atau Dinginkan Mesin

Jika mesin kendaraan terlalu panas atau overheat, segera berhenti dan istirahatkan motor untuk beberapa saat. Jangan lupa, cari tempat yang aman untuk beristirahat dan biarkan mesin dingin sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.


5. Bersihkan Knalpot dan Saringan Udara

Knalpot dan filter udara adalah dua komponen penting dalam sistem pembuangan dan pengaturan udara dalam mesin. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu rutin membersihkan knalpot dan saringan udara motor Anda dari kotoran atau debu yang menumpuk.

6. Periksa Kondisi Kelistrikan Motor

Kelistrikan motor juga merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan. Jadi, cobalah memeriksa kondisi kabel-kabel listrik di kendaraan dan pastikan tidak ada yang lecetatauputus.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3725 seconds (0.1#10.140)
pixels