Ekosistem Wahana Honda Permudah Masyarakat Miliki Motor

Minggu, 14 Juli 2024 - 02:09 WIB
loading...
Ekosistem Wahana Honda...
Motor baru Honda. FOTO/ ,ANTON C
A A A
JAKARTA - Hadirnya beragam pilihan pembiayaan yang disodorkan distributor motor membuat masyarakat semakin mudah memiliki sarana mobilitas roda dua dengan harga terjangkau itu.

Wajah Syaiful (42) tampak gembira tatkala bisa memboyong motor Honda Supra GTR seharga Rp26 jutaan di Booth Wahana Makmur Sejati (WMS/Wahana) di Jakarta Fair 2024, yang digelar di JIExpo, Kemayoran. Meski harus mengambilnya di dealer, namun Syaiful hanya perlu merogoh kantong Rp100 ribu untuk mendapatkan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK). Kegembiraan warga Tambora, Jakarta Barat yang berprofesi sebagi tukang ojek online itu bertambah saat dia tahu ada potongan harga selama pameran.

“Diskonnya lumayan, untuk kredit banyak pilihan leasing yang ditawarkan,”ujarnya di JIExpo Kemayoran, Jumat (12/7/2024).

Bukan hanya kali ini Syaiful membeli motor melalui Wahana, dua motor yang dimiliki sebelumnya, diakuinya juga dibeli di Wahana, main dealer Honda wilayah Jakarta-Tangerang itu.

“Sudah langganan, motor sebelumnya Vario dan Beat juga ambil (dibeli) di Wahana,”ujarnya. Bagi Syaiful, tak sekadar promo, Wahana juga memberikan layanan after sales service yang baik. “Spare part tidak mahal, mekanik di bengkel cekatan. Jaringannya luas, jadi mudah dijangkau,”ujarnya.

Senada dengan Syaiful, Yanto Hendrawan (37) tampak terpesona dengan Honda CB 150 X, motor bergenre Touring dengan kapasitas mesin 150 cc. Karyawan perusahaan logistik yang bermukim di jalan Tubagus Angke, Jakarta Barat itu tampak serius memperhatikan detail motor berkelir abu-abu itu. Tak hanya CB 150 X, Wahana juga menampilkan motor yang bergenre sama yakni CRF 150 L berwarna merah. “Saya hendak kredit, dapat info ada potongan down payment hingga Rp2 juta lebih,”katanya.

Hendrawan sudah memiliki satu motor matik Honda Vario yang dia gunakan untuk mobilitas sehari-hari. “Ada Vario untuk bekerja, ingin nambah satu lagi untuk jalan-jalan keluar kota. CB 150 X memang saya incar sejak tiga tahun lalu,”urainya.

Hendrawan mengaku tak menemui kendala saat membeli motor di Wahana. Prosedur yang tak berbelit dan cicilan yang ringan membuat dia kembali memilih Wahana untuk membeli motor. “Vario saya juga beli di Wahana. Kredit sudah lunas, persyaratannya tidak menyusahkan,”katanya.

Di Jakarta Fair 2024, selain menghadirkan beragam motor, Wahana juga menghadirkan ekosistem yang terintegrasi. Mulai dari spare part hingga pembiayaan. Ada 11 cabang yang dilibatkan dalam ajang tahunan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Jakarta itu. “Untuk leasing, ada lima perusahaan yang bekerjasama,”ungkap Muhammad Rizky Febrian, staf dealer Wahana Tambora di lokasi Jakarta Fair 2024.

Kelima lembaga pembiayaan itu yakni Federal International Finance (FIF), Adira Finance, Oto Finance, WOM Finance, dan Mega Central Finance. “Untuk pemilihan leasingnya diserahkan ke masing-masing konsumen,”ungkapnya.

Menurut Rizky, pada perhelatan Jakarta Fair 2024, Wahana menghadirkan beragam program. Untuk pembelian Honda CB 150 X misalnya, ada potongan down payment hingga Rp2,4 juta. “Seharusnya down payment Rp4,2 juta. Namun di pameran kali ini cukup bayar Rp2 juta,”katanya. Dia pun mengaku banyak masyarakat yang tertarik dengan program yang dihadirkan Wahana selama perhelatan Jakarta Fair 2024. “Sudah banyak yang melakukan SPK,”cetusnya.

Program yang sama juga diberikan untuk divisi Bik Bike. Menurut Trubus, staf dealer Wahana Gunung Sahari, Jakarta Pusat, program kemudahan bagi calon konsumen beragam. “Untuk CB 650 R ada diskon Rp17 juta,” ungkapnya. Artinya, masyarakat bisa memboyong motor 4 silinder bergenre sport itu dengan harga Rp274 juta. Di Jakarta Fair 2024, selain down payment yang kompetitif, Wahana juga menyodorkan diskon, potongan tenor cicilan, hadiah voucher modifikasi, voucher service dan oli melalui aplikasi Wanda, diskon sparepart dan aksesori, hingga hadiah langsung.

Pada perhelatan Jakarta Fair 2024, Wahana tak sekadar menghadirkan promo untuk pembelian motor saja. Namun, main dealer Honda Jakarta-Tangerang ini juga menghadirkan beragam aktivitas untuk memanjakan calon konsumen.

Ada 10 zona yang dihadirkan, yakni di Racing, Lifestyle, Urban Sport, Fashion, Youth, Big Scooter, Urban matic & Cub, Adventure, dan modif corner. Wahana juga menghadirkan zona EV Corner yang menampilkan motor listrik Honda EM1 e: dan EM1 e:Plus lengkap dengan box battery swap.

Pakar pemasaran Yuswohadhy menilai, ekosistem yang diciptakan PT Wahana Makmur Sejati (WMS/Wahana) dalam industri kendaraan roda dua akan memudahkan masyarakat untuk memiliki motor sebagai sarana mobilitas dan bekerja.

“Dengan adanya ekosistem terintegrasi semua bisa terpenuhi. Sehingga memudahkan masyarakat, karena masyarakat bisa melakukan one stop shop,”ujarnya.

Kolaborasi dengan beragam industri, termasuk pembiayaan, menurut dia, akan menghadirkan supply chain yang kuat. Terlebih brand Honda dan Wahana sangat populer di masyarakat.

“Dari sisi Brand kuat. Sehingga dengan ekosistem dari hulu hingga hilir akan memudahkan konsumen,”katanya. Di pasar motor nasional, Honda masih menjadi top of mind masyarakat. Tak hanya itu, Wahana juga dikenal memiliki jaringan sales, service spare part sudah kuat. Dengan adanya transisi teknologi lebih canggih, Yuswohady meyakini produk-produk Honda yang dijual Wahana akan mendapatkan respons positif dari masyarakat. “Dengan adanya produk motor dengan teknologi baru, pasar menjadi bergairah,”katanya.

Sedangkan Division Head of Sales PT Wahana Makmur Sejati, Olivia Widyasuwita, dalam beberapan kesempatan menegaskan, Wahana menghadirkan beragam layanan dan produk di perhelatan Jakarta Fair 2024.

Salah satu produk yang diandalkan yakni All New Honda BeAT Series yang selama ajang Jakarta Fair 2024 terjual ratusan unit. Pada Jakarta Fair 2024, Wahana mematok target penjualan 7 ribu unit.

Diluar perhelatan pameran, Wahana memproyeksikan motor matik itu terjual hingga 13 ribu unit di wilayah Jakarta dan Tangerang. “ All New Honda BeAT Series 2024 membawa perubahan desain, penambahan varian, dan warna beserta penambahan fitur,”katanya.

Sedangkan kehadiran motor listrik Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus menjadi bukti komitmen Wahana untuk berpartisipasi dalam memperkuat ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air. Selain di Jakarta Fair 2024, motor listrik seharga Rp40 jutaan itu juga sudah terpampang di 58 dealer Wahana di wilayah Jakarta-Tangerang yang memasang logo e-shop. Untuk memudahkan masyarakat, pembelian motor listrik Honda di Jakarta-Tangerang juga bisa dilakukan melalui Aplikasi Wahana Honda (Wanda). Wahana menyiapkan 15 Mobile Power Pack Exchanger (Battery Exchanger/BEX) di Jakarta-Tangerang yang bisa melayani penukaran (swap) baterai motor listrik Honda.

Tiga dari 15 Mobile Power Pack Exchanger tersebut berlokasi di dealer Wahana, yakni Wahana Gunung Sahari, Wahana Ritelindo Cabang Bintaro, dan Tunas Dwipa Matra (TDM) Saharjo. Dua belas Mobile Power Pack Exchanger lainnya berlokasi di area publik.

Selain memperkuat ekosistem kendaraan roda dua, termasuk motor listrik di pasar ritel, Wahana juga memperkuat perannya dalam pasar non ritel.

Salah satunya dengan menghadirkan layanan khusus untuk pembelian skala grup juga korporat yang diberi nama Wahana Honda Fleet (GSO). Layanan itu didedikasikan untuk menyediakan solusi komprehensif bagi instansi Pemerintah maupun non-Pemerintah, Perusahaan Swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN - BUMD), Bank Pemerintah dan Swasta, serta Koperasi.

Dengan GSO, Wahana memfasilitasi proses pengadaan, membuatnya lebih mudah dan nyaman bagi organisasi besar untuk melengkapi operasional mereka dengan motor Honda yang andal dan efisien.

“Layanan GSO ini akan memudahkan bisnis, menjadi lebih efisien dan tidak perlu repot,” ujar Head of GSO PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Yudha Jatayu dalam keterangannya.

GSO menyediakan solusi tepat untuk berbagai kebutuhan bisnis. Mulai dari motor operasional bisnis, motor program pemasaran, hingga motor untuk karyawan dengan beragam benefit spesial yang bisa didapatkan. Saat ini, lebih dari 30 klien utama dari Perusahaan Nasional ataupun Multinasional sudah menggunakan layanan GSO.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2292 seconds (0.1#10.140)