Ahok Optimistis GIIAS 2024 Kembali Gairahkan Pasar Mobil yang Lesu di Semester 1

Jum'at, 26 Juli 2024 - 19:39 WIB
loading...
Ahok Optimistis GIIAS...
GIIAS 2024 jadi pameran otomotif terbesar setelah China. Tampak Ahok yang berfoto bersama pengunjung di GIIAS 2024. Foto: ist
A A A
ICE BSD - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, melihat GIIAS 2024 sebagai harapan bagi kebangkitan industri otomotif Indonesia yang sedang lesu. Ia optimistis industri ini memiliki potensi besar untuk memperkuat perekonomian negara.

Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang digelar di ICE BSD City, Tangerang, pada 18-28 Juli, memang menjadi sorotan dunia otomotif.

Dengan luas area pameran mencapai 120.000 meter persegi dan diikuti oleh 55 merek kendaraan bermotor, GIIAS 2024 menjadi pameran otomotif terbesar kedua di dunia setelah China.

“Kita harus bangga ketika di Eropa saja pameran kendaraan sudah mulai sepi. Artinya, orang melihat Indonesia bisa menjadi pusat yang bagus," kata Ahok di arena GIIAS 2024.

Ahok menilai kehadiran sejumlah brand baru di GIIAS 2024, seperti BAIC, GAC Aion, dan Jetour, menjadi bukti bahwa pasar otomotif Indonesia masih menjanjikan.

Ahok Optimistis GIIAS 2024 Kembali Gairahkan Pasar Mobil yang Lesu di Semester 1

Pengunjung mencoba mobil di GIIAS 2024. Foto: Sindonews/Danang Arradian

Ia berharap industri otomotif tidak mengalami nasib serupa dengan tekstil atau elektronik yang semakin terpuruk.

Sebagai informasi, saat ini industri otomotif Indonesia sedang lesu yang disebabkan sejumlah faktor. Di mana sejak Januari sampai Juni 2024, penjualan mobil secara wholesales atau pengiriman dari pabrik ke dealer hanya sebesar 400 ribu unit.

Tapi, Ahok menilai industri otomotif Indonesia memiliki peluang besar untuk bangkit, melihat banyaknya brand baru yang ikut meramaikan pasar. Ini diyakini bakal meningkatkan perekonomian Tanah Air.

“Kita lihat dari pameran ini, pasar otomotif Indonesia masih sangat besar. Ini adalah peluang yang harus kita manfaatkan," tegas Ahok.

Ahok juga yakin bahwa industri otomotif akan membuka banyak lapangan pekerjaan baru, sehingga memperkuat posisi Indonesia di mata dunia.



Ia berharap dengan meningkatnya pendapatan masyarakat, penjualan mobil juga akan semakin baik. Apalagi dengan adanya subsidi BBM untuk masyarakat, diharapkan akan semakin banyak orang beralih kemobillistrik.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2609 seconds (0.1#10.140)