BYD dan Xpeng Akhiri Kejayaan Mobil Eropa di China

Kamis, 05 September 2024 - 09:52 WIB
loading...
BYD dan Xpeng Akhiri...
Jajaran Mobil China/ FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
BEIJING - Era keemasan produsen mobil asing yang menjual jutaan kendaraan dan menghasilkan keuntungan besar di China selama beberapa dekade terakhir akan segera berakhir.


Situasi tersebut terjadi akibat pesatnya peningkatan penjualan kendaraan listrik (EV) buatan lokal seperti BYD dan Xpeng (XPEV) yang menyebabkan raksasa manufaktur mobil dunia mengalami kerugian.

Senin lalu, perusahaan Volkswagen memperingatkan kemungkinan menutup pabriknya di Jerman dalam upaya mengurangi biaya produksi.

Seperti dilansir dari Asia Nikkei, Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah pengumuman seperti itu dibuat dan ini membuktikan tantangan berat yang dihadapi produsen mobil tradisional.

Tahun lalu, perusahaan tersebut kehilangan gelarnya sebagai merek mobil terlaris di Tiongkok ke tangan BYD, yang telah dipegangnya setidaknya sejak tahun 2000.

Namun Volkswagen, yang merupakan produsen mobil terbesar kedua di dunia setelah Toyota, bukanlah satu-satunya perusahaan yang menghadapi masalah.

Ford dan General Motors (GM) juga termasuk di antara perusahaan yang mengalami penurunan penjualan dan pangsa pasar di China karena konsumen lokal menolak merek asing dan lebih memilih kendaraan buatan lokal.

Pada bulan Juli, pangsa pasar penjualan mobil merek asing di China turun menjadi 33 persen dari 53 persen pada periode yang sama dua tahun sebelumnya, menurut data dari Asosiasi Mobil Penumpang China (CPCA).

Oktober lalu, Mitsubishi Motors Jepang mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri produksi mobilnya melalui perusahaan patungan di Tiongkok, setelah bertahun-tahun mengalami penurunan penjualan.

Honda, Hyundai dan Ford juga telah mengambil tindakan drastis, termasuk PHK dan penutupan pabrik untuk memangkas biaya, menurut pengajuan bursa dan beberapa laporan media.

“Era keemasan menikmati tingkat pertumbuhan tinggi dan keuntungan besar (di Tiongkok) telah berakhir,” kata veteran industri otomotif dan CEO Dunne Insights, Michael Dunne. Ini adalah perusahaan konsultan yang berfokus pada kendaraan listrik.

Sebelumnya, meski pemerintah Tiongkok memberikan subsidi kepada produsen kendaraan listrik dan baterai lokal berdasarkan strategi Made in China 2025, produsen mobil asing tetap mendapat untung dari penjualan mobil konvensional karena konsumen masih memilih kendaraan di segmen tersebut.

Namun pada Desember 2019, Tesla Model 3 pertama buatan China dirilis di Shanghai. Menurut Dunne, tren mulai berubah saat itu.

"Seolah-olah keajaiban terjadi. Produksi Tesla Model 3 di Shanghai mengubah perspektif konsumen terhadap mobil listrik,” tambahnya.

Hal ini memberikan 'efek baik' pada pembuat kendaraan listrik Tiongkok seperti BYD, Neo, dan Li Auto, yang terus meningkatkan kendaraan listrik mereka selama beberapa tahun. Mereka juga siap memanfaatkan lonjakan permintaan yang tiba-tiba.

Tahun lalu, BYD mencatat rekor penjualan 3,02 juta kendaraan di seluruh dunia, termasuk hibrida plug-in, meningkat 62 persen dibandingkan tahun 2022.

Sebagai perbandingan, Volkswagen hanya menjual 1,02 juta kendaraan listrik dan hibrida plug-in, naik 26 persen pada tahun 2022, sementara Tesla menjual 1,8 juta kendaraan listrik.

Badan Energi Internasional memperkirakan penjualan baterai listrik dan kendaraan hibrida plug-in di Tiongkok akan mencapai 10 juta unit tahun ini.

Jumlah tersebut menyumbang hampir separuh penjualan mobil di negara tersebut, naik dari hanya 1,1 juta unit pada empat tahun lalu.

Sebelumnya, BYD akan membeli distributor Jerman Hedin Electric Mobility, hal ini salah satu upayanya untuk memantapkan dirinya sebagai pembuat kendaraan listrik besar di Eropa.

BYD Automotive akan bertanggung jawab atas aktivitas penjualan kendaraan BYD dan suku cadangnya di pasar Jerman, serta pengelolaan tokonya di Stuttgart dan Frankfurt.

Selain itu, BYD menginformasikan bahwa perjanjian tersebut masih harus mendapat persetujuan dan diharapkan selesai pada kuartal keempat.

Langkah ini akan memungkinkan BYD untuk mengambil kendali lebih besar atas strateginya di negara tersebut, di mana penjualan mencapai lebih dari 4.000 unit pada tahun lalu, namun sejauh ini telah menurun pada tahun ini seiring dengan penurunan permintaan kendaraan listrik di seluruh industri.

Hedin, grup mobilitas asal Swedia yang juga mengelola distribusi merek mobil China lainnya termasuk XPeng dan Hongqi, sebelumnya mengelola hubungan BYD dengan enam distributor di seluruh Jerman, sehingga memfasilitasi masuknya pembuat kendaraan listrik Tiongkok tersebut ke pasar Eropa.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)