Periklindo Minta Subsidi Motor Listrik Dilanjutkan, Ini Daftar Lengkap dan Harganya

Jum'at, 13 September 2024 - 22:12 WIB
loading...
Periklindo Minta Subsidi...
Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia berharap subsidi motor listrik terus berlanjut. Foto/Wima
A A A
JAKARTA - Pemerintah menambahkan kuota subsidi motor listrik sebanyak 10.700 unit, yang kini menjadi 60.700 unit. Ini dilakukan setelah kuota awal yang disiapkan kurang akibat antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan kebijakan tersebut.

Berdasarkan laman SISAPIRa, total subsidi motor listrik yang sudah diterima masyarakat mencapai 60.857 unit. Secara rinci, yang sedang dalam tahap proses pendaftaran mencapai 19.867, terverifikasi 2.120, dan yang sudah disalurkan mencapai 38.870 unit.

Melihat antusiasme tinggi dari masyarakat, Periklindo (Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia) berharap adanya tambahan kuota subsidi motor listrik. Sehingga, seluruh produsen bisa mengikuti permintaan konsumen.

“Motor listrik ada perkembangan yang positif sampai satu bulan ini, terakhir sudah 44 ribu dari alokasi 50 ribu,” kata Moeldoko, Ketua Umum Periklindo sekaligus Kepala Staf Kepresidenan di Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.



Sementara itu, mengingat bakal adanya pergantian presiden, ia meyakini kebijakan terkait kendaraan ramah lingkungan termasuk pemberian subsidi motor listrik dapat berlanjut di pemerintahan Prabowo Subianto.

Sebagai informasi saat ini ada 56 model yang mendapatkan subsidi motor listrik di Indonesia. Per Januari 2024 ada 19 merek motor listrik yang masuk dalam daftar insentif. Kemudian di awal tahun, data SRUT (Sistem Sertifikasi Registrasi Uji Tipe) Kemenhub melaporkan ada 74.998 unit motor listrik di Tanah Air.

Subsidi sebesar Rp7 juta dari pemerintah terbukti meringankan beban konsumen dalam memboyong motor listrik. Bahkan, masyarakat bisa membawa motor listrik dengan harga Rp5 juta dari Greentech dengan model Unity.


Berikut daftar dan harga motor listrik subsidi berdasarkan laman SISAPIRa:


1. Selis Agats SLA: Rp 9,49 juta

2. Selis Agats: Rp 15,9 juta
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)