Industri Otomotif Sedang Lesu, Sektor Ini Jadi Andalan

Rabu, 25 September 2024 - 19:53 WIB
loading...
Industri Otomotif Sedang...
Salah satu ajang modifikasi di Indonesia. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kinerja produksi mobil di Tanah Air mengalami penurunan pada Agustus 2024. Mengacu data Gaikindo, jumlah produksi mobil pada Agustus 2024 sebesar 107.263 unit.



Angka itu mengalami penurunan 14,6% secara year-on-year (YoY) dibandingkan Agustus 2023 sebesar 125.648 unit.

Adapun, Toyota milik Grup Astra masih menjadi produsen otomotif terbesar di Indonesia, dengan memproduksi 46.656 unit pada Agustus 2024, disusul Daihatsu sebanyak 14.067 unit.

Produksi Toyota dan Daihatsu masing-masing turun 11,5% dan 19,4% YoY. Produsen mobil terbesar selanjutnya yakni Mitsubishi sebanyak 13.030 unit, Honda sebanyak 8.323 unit, dan Hyundai 8.640 unit.

Sepanjang periode Januari-Agustus 2024, produksi mobil tercatat sebanyak 779.235 unit, atau ambles 18% secara YoY dibandingkan periode sama 2023 sebesar 950.448 unit.

Melihat situasi tersebut, Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita juga terus mendukung sektor otomotif termasuk juga industri modifikasi yang disebutnya menjadi salah satu penyumbang ekonomi yang cukup besar melalui penjualan produk aftermarket.

Salah satu dukungan kuatnya terhadap pertumbuhan industri kreatif, beliau selalu hadir di ajang ekspo modifikasi dan lifestyle terbesar se-Asia Tenggara, Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX)

Saat pembukaan acara IMX 2023 tahun lalu, Agus mengatakan bahwa saat ini industri otomotif, termasuk modifikasi sangat penting untuk perekonomian Indonesia. Pasalnya, sektor tersebut merupakan penyumbang terbesar dalam pendapatan negara.

"Dapat disebutkan pembinaan sektor otomotif, baik kinerja ekspor CBU maupun CKD berjalan di arah yang tepat. Seperti yang sempat disampaikan industri otomotif termasuk subsektor yang sangat penting karena di dalamnya terdapat ekosistem yang sangat kompleks, termasuk modifikasi," tutur Menperin

Selain itu, Agus juga berjanji mengusahakan kemudahan untuk kendaraan modifikasi dalam sertifikasi laik jalan. Menurutnya, hal tersebut bisa menjadi stimulys bertumbuhnya industri modifikasi di Indonesia.

Dalam kesempatan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) mengucapkan selamat atas gelar doktor honoris causa/ doktor kehormatan dari Hiroshima University, Jepang.

“Ini merupakan salah satu bentuk pengakuan atas dedikasi dan kontribusinya dalam memajukan industri Indonesia salah satunya industry modifikasi," terang Andre Mulyadi, selaku Founder NMAA sekaligus Project Director IMX.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)