Wuling Confero, Jenis LMPV Satu-Satunya Berpenggerak RWD di Indonesia

Selasa, 15 Oktober 2024 - 09:00 WIB
loading...
Wuling Confero, Jenis...
Pasar mobil di Indonesia terus menghadirkan produk berkualitas dengan harga terjangkau. Salah satunya adalah Wuling Confero. Mobil berjenis LMPV ini merupakan satu-satu berpenggerak RWD. (website: Wuling)
A A A
JAKARTA - Pasar mobil di Indonesia terus menghadirkan produk-produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Salah satunya adalah pabrikan asal China Wuling Confero. Mobil berjenis LMPV ini merupakan satu-satu berpenggerak RWD.

Meski memiliki banyak kelebihan tetapi mobil ini tentunya memiliki kelemahan. Kelebihan Wuling Confero terbaru patut diperhatikan menyusul pembaruan fokus pada eksterior, interior, dan penambahan fitur terkini.

Mobil keluarga ini tentunya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan mobil Jepang pada kelas yang sama. Meski murah Wuling tetap tampil modern. Integrasi lampu LED DRL pada bemper depan dinilai mampu menambah nuansa kekinian.

Walaupun desain masalah selera, tetapi desain dari Wuling Confero ini tetap menarik untuk mobil dengan kelas LMPV. Nah, sebagai bahan pertimbangan, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Wuling:

Keunggulan Confero dari Wuling

1. Desain baru
Desain dan tampilan merupakan hal pertama yang diperhatikan konsumen sebelum membeli sebuah mobil. Untuk desain Wuling memberikan tampilan berbeda pada bagian gril dan bemper depannya. Lampu pijar masih terlihat kuno karena menggunakan bahan halogen.

Namun berkat LED DRL setidaknya bisa menyempurnakan tampilan Confero baru ini. Desain lampu utama mengalami sedikit perubahan dibandingkan generasi sebelumnya. Sedangkan bagian dalam lampu ini memantulkan warna hitam.

Meski belum mengetahui apa tujuannya, tetapi dengan desain Wuling sekarang ini banyak memberikan pembaruan yang luar biasa. Di bawah kap terdapat aksen silver serta lampu di sisi kanan dan kiri bemper. Sayangnya lampu ini masih menggunakan bohlam halogen dan bukan LED.

2. Gunakan Jok Captain Seat
Jika kamu merasa kurang puas dengan tampilan luarnya maka kamu juga harus mempertimbangkan bagian interiornya terutama pada bagian jok. Ketika kamu melihat bagian dalam maka kamu akan terkesima dengan desain interiornya.

Ruangan di dalam Wuling Confero terasa lega, hal itu disebabkan interior New Confero S kini menggunakan jok captain seat yang mewah dan nyaman. Untuk ukuran LMPV, penggunaan Captain Seat ini mampu memberikan pemandangan yang indah dan elegan. Konfigurasi tempat duduk Wuling Confero S dengan kursi eksekutif di baris tengah

Tidak hanya memberikan jok captain seat, untuk sarung jok juga terbuat dari kulit sintetis dan kulit berwarna merah. Kombinasi garis hitam dan merah ini menonjolkan garis kecil Confero dibandingkan LMPV lainnya.

3. Aksen karbon merah
Kondisi dalam Wuling Confero mampu memberikan kenyamanan. Desain lainnya yang membuat segar penumpang Wuling adalah aksen karbon merah. Bagian ini terletak pada doortrim tepatnya langsung di bagian cover power windows.

Jika selama ini kamu menggunakan standar perak, maka saat ini kamu menggunakan standar karbon merah. Bahan ini juga dilapisi kain sehingga sangat licin namun memberikan kesan yang baik.

Interior berwarna hitam
Tata letak dashboard tidak berubah. Namun ubah saja warnanya dari abu-abu menjadi hitam. Knop putar dan tombol AC tidak terjadi perubahan. Begitu juga pada bagian setir Wuling masih menggunakan model lama, tetapi dibalut warna hitam.

Wuling mengatakan perubahan warna ini untuk memberikan rasa keindahan dan kemewahan. Meski demikian, harganya lebih murah dibandingkan warna abu-abu generasi sebelumnya. Mungkin kalau diganti dengan warna beige akan terlihat lebih bagus.

4. Fitur tambahan
Berbicara teknologi maka tidak akan lepas dengan fitur yang disematkan ke dalam Wuling Confero. Untuk mengubah persepsi bahwa Wuling Confero merupakan mobil murahan, maka pabrikan memberikan fitur-fitur yang modern, sehingga terlihat canggih.

Untuk ukuran LMPV, fitur New Confero S terbilang mewah karena mobil berkapasitas 7 penumpang ini kini dilengkapi dengan Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Fitur ini biasanya terdapat pada mobil kelas atas yang dibanderol di atas Rp 300 jutaan. Namun kini sudah tersedia di Wuling New Confero S.

Selain itu ada head unit layar sentuh berukuran 8 inci dan kamera tampak belakang. Penambahan fitur ini memungkinkan Confero baru mendapat diskon setelah mendapat insentif PPnBM 0% dari pemerintah.

Keistimewaan lainnya adalah tanda sabuk pengaman di dua kursi penumpang depan. Penumpang yang tidak mengenakan sabuk pengaman akan diingatkan melalui layar yang berkedip. Fitur keselamatan yang ditingkatkan

Kini mobil murah Wuling hadir dengan dual airbag, rem ABS+ EBD, cakram depan dan belakang, 2 sensor depan dan 4 belakang, rem parkir darurat, ISOFIX, immobilizer dan anti maling. Fitur keselamatan dan keamanan ini jelas menjadi salah satu faktor yang diunggulkan pelanggan Indonesia. Berkat fitur keselamatan ini, pengemudi merasa lebih nyaman.

5. Dapur Pacu
Setelah kamu mengetahui semua tentang eksterior, dan interior Wuling beserta dengan kelengkapan fiturnya, maka bagian yang sangat penting dalam sebuah otomotif adalah mesin. Performa mesin, tidak ada perubahan nyata. Mesinnya masih menggunakan kapasitas 1.485 cc, 4 silinder, DOHC. Desain eksterior baru Wuling Confero S 2021.

Tenaganya mencapai 98 hp pada 5.800 rpm dan torsi 135 Nm pada 3.800-4.200 rpm. Hanya satu tipe transmisi yang ditawarkan, yakni manual 5 percepatan. Dengan spesifikasi mesin seperti diatas maka Wuling Confero masih layak untuk dijadikan mobil harian.

Kelemahan Wuling New Confero S

1. Material Kurang Bagus
Kekurangan Wuling Confero S yang masih terlihat seperti model lama adalah material interiornya yang kurang bagus. Jika kamu memperhatikan secara detail, maka bahan dari desain interior terlihat kurang bagus atau berkualitas.

Ketika kamu memperhatikan bahan plastic yang digunakan dalam interior terkesan kurang bagus, hal ini tentunya akibat untuk menyeimbangkan harga jual plastic dengan bahan baku yang digunakan terlihat murahan.

Dasbor, setir, door trim, pelindung matahari, dan bahkan atapnya terlihat terbuat dari plastik murahan. Mungkin tujuan penggunaan bahan ini adalah untuk menjaga harga jualnya serendah mungkin.

2. Mesinnya bergetar
Kekurangan lain yang dimiliki oleh Wuling Confero adalah getaran yang dihasilkan oleh mesin sangat terasa getarannya. Hal ini tentunya membuat penumpang yang ada di dalamnya kurang memberikan kenyamanan.

Saat distarter, mesin terasa bergetar dan tidak enak. Saya tidak tahu apakah itu karena kualitas mesinnya atau unitnya buruk. Namun bagi yang ingin tetap memiliki Wuling Confero S, kualitas tersebut masih terbatas.

Apalagi jika dilihat dari desain mobil ini memang sangat bagus dibandingkan mobil lain sekelasnya. Fitur-fitur tersebut terbilang terbaik dan terlengkap, namun masih sulit menarik minat masyarakat yang berharap banyak dari LMPV.

3. Harga Wuling New Confero S
Berapa harga Confero generasi baru? Ini adalah harga penuh yang dikeluarkan Wuling.

Harga Wuling New Confero S

Tipe C Lux Rp. 169,8 juta

Tipe C Lux+ Rp. 171,8 juta

Model L Lux Rp180,8 juta

Model L Lux+ Rp182,8 juta

Model L ACT Lux Rp 189,3 juta

Tipe L ACT Lux+ Rp. 191,3 juta
(ars)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2325 seconds (0.1#10.140)