Hyundai Santa Fe: Berani Lawan Arus Lesunya Pasar Otomotif Indonesia?

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 21:05 WIB
loading...
Hyundai Santa Fe: Berani...
Dengan menghadirkan inovasi, teknologi canggih, dan desain premium, Hyundai berusaha menarik minat konsumen dan mendorong pertumbuhan pasar. Foto: Hyundai Indonesia
A A A
JAKARTA - Di tengah kelesuan pasar otomotif Indonesia, Hyundai justru meluncurkan mobil SUV terbaru mereka, all new Santa Fe, dengan harga fantastis yang mencapai Rp800 jutaan! Apa alasan di balik strategi berani Hyundai ini?

Pasar Otomotif Indonesia: Antara Realita dan Optimisme
Hyundai Santa Fe: Berani Lawan Arus Lesunya Pasar Otomotif Indonesia?

Data menunjukkan bahwa penjualan mobil di Indonesia mengalami penurunan sebesar 16,2% pada periode Januari-September 2024. Gaikindo bahkan merevisi target penjualan mobil tahun ini dari 1 juta unit menjadi 850 ribu unit.

Berbagai faktor turut berkontribusi pada lesunya pasar otomotif, antara lain:

- Daya beli masyarakat yang menurun: Kondisi ekonomi yang belum sepenuhnya pulih membuat masyarakat cenderung menahan pengeluaran untuk barang-barang non-esensial, termasuk mobil.

- Peralihan ke mobil bekas: Harga mobil bekas yang lebih terjangkau menjadi alternatif menarik bagi masyarakat di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu.

- Kurangnya inovasi: Beberapa produsen mobil dianggap kurang menghadirkan inovasi dan model baru yang menarik minat konsumen.

Strategi Hyundai: Inovasi dan Optimisme

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), mengungkapkan keyakinan mereka bahwa inovasi dan model baru akan mendorong pertumbuhan pasar.

"Kalau kita tidak memperkenalkan produk baru, tidak ada inisiatif seperti yang Hyundai lakukan, rasanya masyarakat sekarang akan tetap menggunakan mobil yang dia pakai (tak ada pembelian baru)," kata Frans.

Hyundai all new Santa Fe hadir dengan sejumlah keunggulan:

- Varian hybrid: Menjawab tren pasar yang semakin mengarah ke kendaraan ramah lingkungan.

- Fitur canggih: Dilengkapi dengan fitur-fitur modern seperti Hyundai Smart Sense yang meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.

- Desain premium: Tampilan yang elegan dan mewah, menarik bagi konsumen kelas atas.

Potensi Ekspor dan Pertumbuhan Pasar

Selain fokus pada pasar domestik, Hyundai juga membuka peluang ekspor all new Santa Fe. Presiden Direktur PT HMID, Ju Hun Lee, menyatakan bahwa produksi lokal di Cikarang memungkinkan mereka untuk mengekspor SUV ini ke berbagai negara, terutama setelah kebutuhan pasar domestik terpenuhi.

Sebagai informasi, saat ini Hyundai Indonesia telah memproduksi sejumlah model, seperti Creta, Stargazer, Ioniq 5, dan Kona Electric. Saat ini, HMID juga mengungkapkan sudah memproduksi all new Santa Fe satu bulan sebelum peluncuran dilakukan.

Sejumlah model yang telah dirakit di Cikarang juga diekspor ke beberapa negara. Sehingga, tak menutup kemungkinan untuk melakukan hal serupa pada all new Santa Fe saat jumlah produksinya sudah memenuhi kapasitas.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1574 seconds (0.1#10.140)