Harley-Davidson Kembali ke India Lewat Tangan Kedua

Rabu, 28 Oktober 2020 - 03:07 WIB
loading...
Harley-Davidson Kembali ke India Lewat Tangan Kedua
Harley-Davidson masih bisa dimiliki oleh konsumen India melalui tangan kedua, Hero MotoCorp. Foto/IST
A A A
INDIA - JAKARTA - Produsen motor gede, Harley-Davidson masih bisa dimiliki oleh masyarakat India melalui tangan kedua yakni Hero MotoCorp. Ini setidaknya menunjukkan Harley-Davidson masih tetap penasaran dengan pasar India yang tidak bisa mereka taklukkan.

Sebelumnya awal September lalu Harley-Davidson memang memutuskan untuk cabut dari India. Hal itu berkaitan dengan performa penjualan mereka di negeri kari itu yang tidak pernah meningkat. Padahal saat ini diketahui India adalah pasar terbesar untuk kendaraan roda dua. Jadi sangat ironis Harley-Davidson tidak mampu memanfaatkan peluang itu.

Diketahui, pertama kali Harley-Davidson menginjak aspal India pada 2009. Setelahnya pada 2010 mereka membuka dealer resmi di India. Sayangnya penjualan Harley-Davidson tidak pernah bagus. Catatan terbaik mereka hanya pada 2016 dimana mereka berhasil menjual sebanyak 10.000 unit motor Harley-Davidson. Setelah penjualan motor gede Bar and Shield itu terus menurun. Puncaknya September lalu mereka memutuskan untuk hengkang dari India. (Baca juga : Suntikan Instan X-Raid Agar MINI Tangguh di Medan Off-Road )

Hanya saja sebulan berselang Harley-Davidson justru menandatangani kesepakatan dengan Hero MotoCorp atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Hero Honda. "Berdasarkan persetujuan distribusi yang telah ditandatangani, Hero MotoCorp akan menjual dan memberikan layanan purna jual untuk produk motor Harley-Davidson. Juga menjual parts, aksesoris, merchanidse, dan perlengkapan berkendara khas Harley-Davidson. Seluruh produk akan dipasarkan melalui jaringan dealer ekslusif Harley-Davidson yang telah ada dan jaringan dealer milik Hero yang telah lama beroperasi," tulis pernyataan resmi Hero MotoCorp. (Baca juga : Tiga "Payung" yang Perlu Disiapkan ketika Berkendara Saat Hujan )

Hero MotoCorp sendiri terpilih karena memang di India, Hero MotoCorp tidak memiliki produk motor yang memang sekelas dengan Harley-Davidson. Justru kerja sama dengan Harley-Davidson itu membuka peluang buat Hero MotoCorp untuk membuat motor yang serupa dengan Harley-Davidson. Tentunya dalam pembuatan motor itu Harley-Davidson tetap melakukan supervisi. "Kerja sama ini akan saling menguntungkan buat kedua belah pihak," tulis keterangan resmi Hero MotoCorp lagi.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1568 seconds (0.1#10.140)