Lestarikan Budaya, Anak Indonesia Dikenalkan Wayang Lewat Virtual

Sabtu, 07 November 2020 - 13:50 WIB
loading...
Lestarikan Budaya, Anak Indonesia Dikenalkan Wayang Lewat Virtual
Peringatan Hari Wayang Nasional tahun 2020 dirasa berbeda dengan adanya pandemi. FOTO/ IST
A A A
PONTIANAK - Peringatan Har i Wayang Nasiona l tahun 2020 dirasa berbeda dengan adanya pandemi. Tepat di Hari Wayang Nasional, 7 November 2020, Lucas Formiatno resmi menyerahkan 20 karya wayang buatannya untuk dapat dapat dilelang dan 100% hasil penjualan diserahkan pada SOS Children’s Villages Indonesia.

(Baca Juga: PSG Bisa Menang meski sedang Krisis Pemain, Tuchel Merasa Kagum )

Lucas Formiatno merupakan seorang pekerja sosial yang mengabdikan diri di SOS Children’s Villages Indonesia sejak 1999. (Baca Juga: Gagal Menangkan Dortmund Saat Bentrok Bayern, Haaland Mengaku Bersalah )

Selama 22 tahun masa pengabdiannya, puluhan wayang telah dibuat oleh Lucas Formiatno. Relasi erat Lucas dengan keluarga SOS dan tokoh-tokoh wayang membuatnya menganalogikan tokoh-tokoh wayang sebagai sosok-sosok di dalam keluarga SOS Children’s Villages, mulai dari ibu asuh, pembina, dan anak-anak. Bagaimana ketiga sosok tersebut terhubung erat meskipun tidak sedarah.

Bersama-sama mereka membentuk sebuah keluarga yang penuh kasih sayang bagi ribuan anak-anak SOS. Kali ini melalui perayaan Hari Wayang Nasional, Lucas Formiatno melelang 20 hasil karyanya dalam acara ‘Wayang Day SOS’.

“Ada tokoh wayang wanita bernama Kunti—Dewi Kunti. Saya menggambarkan Kunti itu adalah ibu-ibu asuh yang luar biasa, sebagai ujung tombak SOS. Anak-anak di SOS saya gambarkan sebagai Punokawan, Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong yang merupakan anak kecil yang yang polos dan kritis. Nah, peran pembina dan ibu asuh itu harus siap dikritisi anak-anak,” cerita Lucas mengenai hasil karyanya. “Saya merasa berkembang selama di SOS, saya bisa mengasah kreativitas dan mewujudkan aktualisasi diri saya. Lukisan wayang ini adalah salah satu tanda terima kasih saya pada SOS, sebagai kenang-kenangan,” lanjut Lucas Formiatno, Village Director SOS Children’s Village Semarang.

Karya-karya wayang oleh Lucas Formiatno secara resmi dibuka program lelang dari tanggal 7 November 2020 sebagai momentum Hari Wayang Nasional dalam acara yang diselenggarakan oleh SOS Children’s Villages Indonesia secara virtual.

Acara bertajuk ‘Dari Budaya Nusantara untuk Anak-Anak Indonesia’ ini diadakan Sabtu, 7 November 2020 pukul 15.00 WIB dan dapat disaksikan secara LIVE melalui instagram @desaanaksos dan youtube channel SOS Children’s Villages Indonesia.

Para Sahabat dan pegiat seni yang tertarik untuk ikut berkontribusi bagi anak-anak Indonesia melalui budaya Nusantara dapat registrasi melalui desaanaksos.com/wayangday.

Program lelang wayang dilakukan pada tanggal 7-10 November 2020 secara online. Seluruh hasil lelang akan diserahkan kepada SOS Children’s Villages Indonesia untuk 100% diperuntukkan bagi kebutuhan kehidupan dan pengasuhan ribuan anak-anak yang telah kehilangan pengasuhan orang tua.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2374 seconds (10.55#12.26)