Onno W Purbo Raih Penghargaan Bergengsi Jonathan B Postel Service Award

Senin, 23 November 2020 - 15:47 WIB
loading...
Onno W Purbo Raih Penghargaan Bergengsi Jonathan B Postel Service Award
Onno W Purbo meraih penghargaan bergengsi Jonathan B Postel Service Award dari The Internet Society, sebuah organisasi nirlabal global yang mempromosikan pengembangan dan penggunaan internet yang terbuka, terkoneksi secara global dan aman. Foto/Muh Iqbal
A A A
JAKARTA - Di industri telekomunikasi siapa yang tak kenal Onno W Purbo ? Sosok yang satu ini seakan sudah melegenda di industri telekomunikasi di Indonesia. (Baca juga: Jelang Pilkada 2020, Menkominfo: Bersihkan Ruang Digital dari Disinformasi dan Hoaks )

Jadi masuk akal bila beliau mendapatkan penghargaan bergengsi Jonathan B Postel Service Award dari The Internet Society, sebuah organisasi nirlabal global yang mempromosikan pengembangan dan penggunaan internet yang terbuka, terkoneksi secara global dan aman. Onno W Purbo dinilai berkontribusi teknis, memiliki kepemimpinan dan pengabdian yang luar biasa serta terus-menerus bagi komunitas internet global.

Postel Service Award merupakan pengakuan terhadap tokoh luar biasa seperti Onno yang sangat komit terhadap pengembangan, pertumbuhan, dan kekuatan Internet. Dikenal sebagai “Tokoh Pembebasan Internet Indonesia”, dia merupakan advokat internet yang produktif dan mendapat publikasi luas.

Onno W Purbo memainkan peran kunci dalam demokratisasi akses internet. Imbasnya, internet menjadi lebih terjangkau terutama di kawasan-kawasan pedesaan Indonesia. “Kontribusi Pak Onno terhadap sektor digital tidak ternilai harganya dan penghargaan ini menandai prestasi yang telah diraihnya dan menginspirasi orang lain untuk juga meraih prestasi serupa. Gagasan akses internet dan jaringan komunitas bermanfaat yang diusungnya telah mendorong pertumbuhan tidak hanya Internet yang lebih terjangkau tapi juga dapat diakses di berbagai wilayah di seluruh Indonesia," kata Johnny Plate , Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Dirinya yakin penghargaan ini akan menguatkan tekad masyarakat Indonesia lain untuk berinovasi dan mengikuti langkah beliau untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi berbagai komunitas. Terutama dalam meningkatkan digitalisasi.

Dari sekian banyak prestasi yang diraihnya, Onno paling dikenal karena merintis internet di Indonesia melalui penggunaan teknologi nirkabel dan Voice over Internet Protocol secara canggih. Yang bersangkutan merintis koneksi internet pertama di Institut Teknologi Bandung dan menggunakannya untuk membangun jaringan pendidikan pertama di Indonesia.

Dia juga menjadi salah satu penggagas deregulasi frekuensi WiFi dan memperkenalkan warung internet (warnet), jaringan RT-RW-Net, dan jaringan selular komunitas di Indonesia. Onno menggelar jaringan telephony over internet pertama dan memimpin diperkenalkan kembalinya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam kurikulum sekolah menengah atas.

Saat ini dia terlibat dalam layanan e-Learning gratis terbesar di Indonesia yang telah menggelar lebih dari 700 kursus untuk hampir 40.000 peserta dan melatih lebih dari 8.000 tenaga pengajar mengenai pengoperasian e-learning.

“Merupakan sebuah kehormatan bagi saya bisa menerima penghargaan tertinggi dan tidak ternilai harganya dari komunitas Internet untuk Indonesia,” kata Onno.

Dijelaskannya, dengan gadget dan perangkat sederhana yang ada di pasaran, seseorang dapat memenuhi hak untuk mengakses informasi dan pengetahuan, yang merupakan pondasi penting bagi setiap negara untuk meraih kemajuan. Internet Society telah mengakui pendekatan ini sebagai salah satu jalur yang tepat menuju Internet untuk semua.

"Pekerjaan ini belum selesai. Postel Service Award memberi panduan mengenai jalan yang harus kita lalui dan menginspirasi antusiasme yang luar biasa untuk melangkah ke depan menuju masyarakat berbasis pengetehuan,” tandasnya.

Onno W Purbo dipilih melalui seleksi oleh komite internasional yang sangat kompeten, terdiri dari para pemenang Jonathan B Postel award sebelumnya, yang meliputi para visioner dan tokoh internet. Memasuki usia 21 tahun, Postel Award didirikan pada 1999 oleh Internet Society untuk memberi penghargaan kepada individu dan organisasi yang karya mereka mencerminkan semangat Jonathan Postel, yang pengaruhnya di bidang teknis dapat ditemukan di inti banyak protokol yang menggerakan internet.

Sementara, Andrew Sullivan, President dan CEO Internet Society, akan menyerahkan penghargaan ini, yang meliputi honorarium sebesar USD20.000 dan replika bola dunia berukir, pada upacara virtual sebagai bagian dari 109th Internet Engineering Task Force (IETF) Meeting yang digelar pada 16-20 November 2020. (Baca juga: Amerika Siap Distribusikan Vaksin COVID-19 Pada 11 Desember 2020 )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2297 seconds (0.1#10.140)