Pusat Pengujian Mobil Otonom Senilai Rp1,8 Triliun Resmi Dibuka

Senin, 30 November 2020 - 13:46 WIB
loading...
Pusat Pengujian Mobil Otonom Senilai Rp1,8 Triliun Resmi Dibuka
Horiba Mira sudah membuka secara resmi pusat lokasi pengujian teknologi mobil otonom dengan fasilitas komprehensif. Foto / IST
A A A
MIDLANDS - Ada kabar baik bagi produsen otomotif dunia yang tengah sibuk menguji mobil otonom mereka. Daripada repot mencari jalan yang ideal untuk lokasi pengujian, kini di wilayah Midlands, Inggris telah dibuka lokasi khusus untuk menguji mobil-mobil otonom.

Di lahan seluas 1,2 juta meter persegi itu para produsen mobil otonom, baik mobil penumpang maupu mobil komersial, bisa memanfaatkan lahan luas itu pengujian teknologi otonom yang digagas oleh perusahaan bernama Horiba Mira. (Baca juga : Mobil Dua Muka Muncul di New York Setelah di Indonesia )

Lokasi pengujian teknologi otonom itu kebetulan berdekatan dengan pusat riset dan pengembangan teknologi Horiba Mira. Jadi wilayah itu benar-benar jadi wilayah yang penuh dengan keajaiban teknologi otomotif.

Pusat Pengujian Mobil Otonom Senilai Rp1,8 Triliun Resmi Dibuka


Horiba Mira sendiri berupaya membangun lokasi pengujian ini dengan cara membuat ekosistem teknologi otonom. Mulai dari jalanan umum, gedung-gedung parkir, sirkuit kecepatan tinggi, jalur lalu lintas urban yang terintegrasi dengan jalur sepeda dan motor, hingga pemancar 5G yang sangat dibutuhkan oleh mobil-mobil otonom. Untuk semua fasilitas itu Horiba Mira menggelontorkan dana sebesar 100 juta poundsterling atau setara Rp1,8 triliun.

Di lokasi ini Horiba Mira juga tidak hanya menyiapkan tempat untuk pengujian mobil otonom. Di tempat ini mereka juga menyiapkan seminar serta proses penyiapan legislasi yan sangat dibutuhkan untuk keberlansungan mobil otonom.

"Lokasi ini merupakan lokasi yang sngat komprehensif baik dari infrastruktur maupun ekosistem yang diperlukan mobil otonom," ujar Declan Allen, Managing Director Horiba Mira. (Baca juga : Mengerikan, Atap Mobil Tesla Copot Lagi Saat di Jalan )

Kehadiran lokasi pengujian itu menurutnya bisa dimanfaatkan oleh berbagai pabrikan mobil guna membuktikan kemampuan terdepan mereka dalam teknologi otonom. "Lokasi ini memungkinkan para pabrikan untuk membawa aktivitas pengujian mereka dengan lebih terukur dan terintegrasi," pungkasnya.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2185 seconds (0.1#10.140)