Bentley, Lamborghini dan Ducati Batal Dijual Volkswagen AG

Rabu, 16 Desember 2020 - 08:08 WIB
loading...
Bentley, Lamborghini dan Ducati Batal Dijual Volkswagen AG
Lamborghini dan Ducati masih berada dalam grup Volkswagen AG dan masih menjalankan bisnis sendiri. Berbeda dengan Bentley yang ada di bawah Audi. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Bentley, Lamborghini dan Ducati akhirnya bisa bernapas lega. Ketiga merek otomotif premium itu akhirnya batal dijual oleh Volkswagen AG, yang menjadi perusahaan induk Lamborghini dan Ducati. Keputusan pembatalan itu diumumkan dalam pertemuan Supervisory Board of Volkswagen AG. (Baca juga : Rumitnya Mencari Orang Nomor Satu Baru Buat Ferrari )

Diketahui, beberapa waktu lalu Volkswagen AG memang berencana menjual empat merek otomotif yang ada dalam grup mereka yaitu Bentley, Lamborghini, Ducati dan Bugatti. Hanya saja rencana itu tidak terjadi sepenuhnya. Dalam pertemuan itu diputuskan Bentley tidak dijual melainkan dipindahkan ke bawah pengawasan Audi, yang juga ada di dalam grup Volkswagen AG.

Pemindahan itu terkait dengan rencana elektrifikasi yang akan dilakukan oleh Lamborghini. Kebetulan Audi tengah menjalankan misi khusus elektrifikasi yang mereka namankan Project Artemis. Di saat yang bersamaan Bentley juga berkomitmen hanya menjual mobil-mobil listrik di 2030.

"Mobil baru Bentley ke depannya akan berbagi teknologi dengan Audi. Termasuk penggunaan teknologi Artemis Project. Audi A8 terbaru juga akan jadi basis pembuatan mobil listrik terbaru buat Bentley," ungkap salah satu keputusan dalam pertemuan itu. (Baca juga : Toyota Buka Peluang Bawa Toyota Yaris Global ke Asia Tenggara )

Jika Bentley ada di bawah pengasan Audi, sebaliknya yang terjadi pada Lamborghini dan Ducati. Kedua merek otomotif asal Bologna, Italia itu tetap berdiri sendiri. Volkswagen AG tidak memberikan keterangan apakah Lamborghini dan Ducati akan mendapakan strateg rebranding, seperti yang tersiar beberapa waktu lalu. Begitu juga dengan isu wajah baru Lamborghini Aventador yang sama sekali tidak diungkap dalam pertemuan tersebut.

Bentley, Lamborghini dan Ducati boleh bernapas lega karena mendapatkan kejelasan status. Berbeda dengan Bugatti yang nasibnya masih digantung. Sebelumnya diberitakan Bugatti akan dijual oleh Volkswagen AG ke start up mobil listrik, Rimac. Sayangnya dalam pertemuan itu progress penjualan Bugatti sama sekali tidak disinggung. Malahan, Volkswagen AG tidak sekali pun menyebutkan isu tentang Bugatti.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.7103 seconds (0.1#10.140)